Pemko Medan & RCTI Akan Tampilkan Fesival Pesona Lokal 2019

Medan | Bongkarnews.com-Setelah sukses menggelar event besar bertajuk ‘Festival Pesona Lokal 2018’, Pemko Medan kembali akan menggelar gawean serupa di tahun ini. Kali ini akan ditampilkan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Kota Medan. Dengan demikian masyarakatluas dapat lebih mengenal lebih jauh mengenai identitas seluruh budaya yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Demikian terungkap ketika Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menerima kedatangan Tim Marketing Communication (Marcom) RCTI di Balai Kota, Selasa (30/4). Kedatangan tim bertujuan untuk kembali bekerja sama dengan Pemko Medan terkait pegelaran Festival Pesona Lokal 2019. Dengan demikian, antara Pemko Medan dan RCTI dapat menselaraskan serta mengkolaborasikan content yang akan ditampilkan nantinya.

Sekda mengatakan, Pemko Medan menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi, event ini nantinya akan lebih membuat Kota Medan semakin bergaung melalui penayangan melalui tv swasta nasional tersebut. Dengan begiktu banyak pula masyarakat yang akan melihat keanekaragaman budaya yang dimiliki Kota Medan sehingga menarik minat untuk datang berkunjung

‘’Pemko Medan menyambut baik hal ini. Terlebih, kegiatan yang didukung RCTI ini menjadi wadah bagi Kota Medan untuk mengenalkan segala ciri khas yang dimiliki baik itu dari sisi budaya maupun kulinernya. Untuk itulah diharapkan kita dapat menyamakan persepsi sehingga nantinya dapat menampilkan yang terbaik,’’kata Sekda.

 Selain itu, kepada pihak RCTI, Sekda kemudian meminta agar esensi dari acara yang digelar tidak mengurangi kapasitas Pemko Medan sebagai tuan rumah. Sebab, selain disupport RCTI, Pemko Medan juga memiliki tugas untuk memberikan kontribusi dan sumbangsihnya demi kemeriahan acara tersebut.

‘’Kami mengapresiasi kesempatan yang diberikan pihak RCTI kepada Pemko Medan lewat festival yang akan digelar nanti. Namun, kami juga berharap agar pada pelaksanaannya antara Pemko Medan dan RCTI memiliki keseimbangan baik dalam persiapan maupun ekspose kegiatan. Sebab, yang kita lakukan ini sama-sama bertujuan untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal khas Kota Medan,’’ harapnya.

Di samping itu pula, Sekda berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi kegiatan rutin tahunan Pemko Medan. ‘’Jika kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin setiap tahun, maka saya optimis bahwa setiap tahunnya akan banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Medan,’’ ungkapnya dihadapan Kadis Pariwisata Agus Suriono, Kadis Pendidikan Marasutan, Kadis Koperasi Edliaty dan Sekdis Dinas Kebersihan dan Pertamanan Zul F Ahmady yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Oleh karenanya, kepada pimpinan OPD terkait, Sekda berharap agar pertemuan ini dapat terus ditindak lanjuti. ‘’Saya berharap pertemuan hari ini memberikan dampak yang positif tidak hanya bagi Pemko Medan tapi juga bagi RCTI. Untuk itu saya berharap agar kita sama-sama melakukan dan memberikan kontribusi terbaik demi suksesnya acara tersebut,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Ivan selaku perwakilan RCTI mengaku, pihaknya memilih Kota Medan sebagai tempat untuk menggelar Festival Pesona Lokal 2019 karena Kota Medan memiliki keanekaragaman etnis yang menjadi nilai tinggi untuk dikenalkan dan dipromosikan. Dengan harapan, Kota Medan dapat menjadi destinasi wisata para wisatawan.

‘’Menjadi kebanggan bagi kami jika bisa menggelar acara ini di Kota Medan. Terlebih, dari informasi yang kami dapat, Kota Medan terkenal dengan berbagai etnis yang ada. Ini tentu menjadi nilai jual tinggi tidak hanya bagi RCTI tapi juga bagi Pemko Medan. Untuk itu, kami harapkan kerjasama dan  tindaklanjut dari Pemko Medan,’’ kata Ivan.

Diungkapkan Ivan, Kota Medan akan menjadi kota pertama digelarnya festival tersebut. Selanjutnya kemudian akan dilanjutkan ke beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan berakhir di DKI Jakarta. (ft)