Sitename

Description your site...

Diduga 117 Paket Sarat KKN, DPRD Humbahas Blak-blakan

Diduga 117 Paket  Sarat KKN, DPRD Humbahas Blak-blakan

BERDIRI sejak Juli 2003. Tiga periode pemilihan kepala daerah dipegang oleh dua bupati. Selama 14 tahun (hingga 2017), kabupaten pemekaran Tapanuli Utara ini kian dirundung masalah. Teranyar sejak dipimpin Bupati Dosmar Banjarnahor dan wakilnya Saut Parlindungan Simamora setahun lalu.

 

Doloksanggul, BN
Tak hanya keresahan kaum petani yang mendominasi mata pencaharian Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tapi juga kalangan perwakilan rakyatnya. Salah satu yang jadi sorotan yakni terkait program kerja Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) di bawah naungan Rocky Feller Simamora.
Bahkan kabarnya, dugaan penyelewengan miliarah rupiah Tahun Anggaran (TA) 2016 di Dinas Perkim itu telah sampai ke meja polisi. Namun sayang, hingga kini isunya, laporan itu disinyalir belum terealisasi. Apa masalah? Ya, info belum terkonfirmasi menyebut tudingan itu seolah salah alamat.
Terlepas benar atau tidaknya penanganan kasus dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di Disperkim Humbahas, namun pastinya wakil rakyat di sana angkat bicara. Entah itu karena kelambatan aparat menindaklanjuti tudingan KKN, atau ada saling ‘main mata’ di antara pihak terkait.
Terkait soal gerahnya dewan Humbahas masalah proyek Disperkim TA 2016, Bresman Sianturi angkat bicara. Anggota DPRD Humbahas yang dikenal vokal ini bilang dalam waktu dekat ini akan memanggil Kadis Perkim Rocky Feller Simamora. Ini menyangkut laporan elemen masyarakat mengenai pelaksanaan program kerja Perkim yang disebut-sebut jauh dari harapan.
Malahan, kata Breman, sebagaimana info diperoleh ada sekitar 117 117 paket proyek disebut sarat KKN.
“Laporan masyarakat yang kami terima mengenaik 117 paket proyek inilah jadi alasan kita memanggilkan Kadis Perkim. Kalau memang benar adanya penyimpangan, kita mendesak penegak hukum agar menjalankan fungsinya terkait dugaan potensi kerugian keuangan negara dari pelaksanaan pekerjaan pisik itu.
Tahapan yang harus dilalui selain memanggil Kadis Perkim Rocky Feller Simamora, wakil rakyat ini memastikan akan mempertanyakan perihal pelaksanaan proyek pembangunan bersumber dari APBD Ta 2016. Oleh informasi dari masyarakat, ditengarai ada proyek yang tidak sesuai.
“Kita hanya memastikan, jangan sampai ada yang akal-akalan. Kita tidak mau kalau lembaga legislatif dikatakan masyarakat tidak bekerja, dan mudah mudahan akan terang berderang,” pintanya.
Sementara itu, Erikson Simbolon, Ketua YLKI Humbahas, pihaknya meminta kepada aparat penegak hukum mau pun pihak KPK, harus sejalan untuk mengungkap dugaan korupsi dimaksud, agar tidak menimbulkan berbagai opini di masyarakat. Semisal pada No rekening 1.0.05.1.05.01.18.05.5.2.3 dengan pekerjaan pembangunan paviliun PRSU Ta 2016 Rp 650.000.000 juta, disebut-sebut ada kejanggalan dan potensi korupsi yang terjadi pada pemasangan instalasi listrik dan air.
Menurud Erikson, dalam hal dugaan korupsi yang telah merugikan negara, perlu melakukan peninjauan langsung ke lapangan. “Melihat keberadaan proyek itu apakah sesuai dengan kontrak pekerjaan. Silahkan saja legislatif turun ke lapangan. Nah, kalau-kalau ada DPRD menemukan dugaan korupsi, rekomendasikan kepada penegak hukum, baik KPK maupun kejaksaaan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan oknum oknum yang terlibat harus segera diproses secara hukum,” tegasnya.
Perlu diwaspadai, diduga terkesan misterius dari beberapa kegiatan proyek, di antaranya pembangunan open stage sipinsur Rp 650 juta, pembangunan Patung Sisingamangaraja XII Rp 500 juta, Pembangunan Box Culvert TA 2016.
Dari situ, perlu diperjelas kembali, pedoman probity audit pengadaan barang jasa pemerintah, sesuai dengan peraturan kepala BPKP RI. “Perlu ditindaklanjuti, apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kontrak yang ditandatangani atau mungkin ada kaitannya pekerjaan itu salah perencanaan atau kesalahan dalam sistem pengawasan yang dilakukan pengawasan eksternal,” tkasnya.
Pun begitu, untuk mengungkap kasus tersebut yang kabarnya sudah ditangani pihak kepolisian, dkonfirmasi ke Kapolda Sumut melalui Kombes Pol Rina Sari Ginting, Kabidhumas Polda Sumut, akhir Oktober lalu, sama sekali tak memberi respon.
Padahal elemen masyarakat berharap dugaan praktek KKN Dinas Perkim TA 2016 diusut. Rocky Feller Simamora, Kadis Perkim Humbahas, ketika dikonfirmasikan juga tidak merespon, Senin (30/10) pekan lalu, menyangkut dugaan praktik KKN di jajarannya.
Terpisah, BP Siahaan, Kepala Inspektorat Humbahas, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (31/10) di Bukit Insfirasi Doloksanggul mengatakan, pihaknya melakukan perencanaan dan pengawasan dengan kebijakan melalui pemeriksaan, pengusutan, pengujian sesuai dengan mekanisme dan fungsi inspektorat.
”Kita menjalankan fungsi kita, kalau ditemukan pekerjaan tidak sesuai dengan kontrak atau melanggar undang-undang di Dinas Perkim proyek TA 2016 itu menjadi tanggung jawab antara pihak rekanan dengan PPK atau Kadis teknisnya. Nah, saat itu di lapangan ada ditemukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan perikatan kontrak, kita melakukan teguran dan direkomendasikan agar ditindaklanjuti,” ujarnya.
Tentang beredar statement dari pemerintah melalui Dinas Perkim menyebutkan bahwa akan menentang penegak hukum kalau ditemukan penyimpangan pelaksanaan proyek TA 2016, BP Siahaan membantah hal tersebut.
“Pemerintah Humbahas tidak relevan mengatakan seperti itu, dan tidak mengakomodir bila ada perkataandemikian, saya kurang memahami peryataan sikap itu apalagi maksud dan tujuannya,” kilahnya.
Peryataan sikap menentang penegak hukum, kalau ditemukan pekerjaan yang melanggar hukum pada Ta 2016 di Perkim Humbahas. Terkait beredarnya statement itu, Bupati Humbahas melalui Tonni Sihombing Asisten I bidang pemerintahan, ketika ditemui wartawan Selasa (31/10) di ruang kerjanya mengatakan, pada perinsipnya mendukung sikap ASN seperti itu. “Itulah gambaran seorang birokrasi yang telah melaksanakan tugasnya dengan benar karena tidak melanggar undang-undang,” imbuhnya.
Kendati tidak mengetahui persis substansi permasalahan, di satu sisi perlu diuji oleh pimpinan dan pihak eksternal atau penegak hukum. “Apakah pernyataan tersebut sesuai dengan peryataan sikap tersebut dengan bukti di lapangan,” tukasnya. (karmawan silaban)

Segudang Masalah

NAH, kalau ditelisik, satu dinas saja segudang masalah. Bagaimana dengan dinas sejajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berpenduduk 178.866 jiwa (data 2014) itu? Inilah kondisi Humbahas di bawah kepemimpinan Bupati Dosmar Banjarnahor.

Tak pelak, kru koran ini mendapatkan data sejumlah proyek bermasalah di Dinas Perkim Humbahas. Seperti Pembangunan Rabat Beton Tanjung Marisi, Lumban Sihite Desa Sitio II, Pembangunan Rabat Beton Dusun Sitapongan Desa Sionom Hudon Sibulbulon, Penataan Halaman SMKN 1 Pollung, Pembangunan Gapura Menuju Stadion Simangaronsang, Pembangunan Pagar Keliling SMA N 1 Parlilitan, Pengaspalan Jalan GKPI Lobu Tolong Menuju Lobu Siregar Desa Lobu Tolong Kecamatan Paranginan, Pengaspalan jalan Dusun III Sosor Godang Desa Banuarea dan Pembangunan Pavilion PRSU.

Kemudian, Pembangunan Drainase Saluran Semen Dusun Sipangulahan, Pengaspalan Jalan Menuju Dusun Lumban Julu Desa Aek Lung Kec. Doloksanggul, Pembangunan Jalan Lingkungan Huta Sidempuan Desa Bonandolok Kecamatan Sijamapolang, Pembangunan Jalan Dusun Simatongtong Desa Aek Riman, Pengaspalan Dusun Nagatimbul Desa Sirisiris, Pengaspalan Jalan Menuju Poskesdes Janji Hutanapa Kecamatan Parlilitan, Pengaspalan Jalan Lingkungan Sola Gratia menuju Dolok Nauli Desa Lumban Barat, Pengaspalan Jalan masuk SMKN 1 Onanganjang. Selanjutnya, Pemeliharaan Jalan Menuju kantor DPRD,Pembangunan Drainase Dusun II Desa Sirisirisi,Pemeliharaan Jalan Kota Doloksanggul (Hotmix), Rehab Total Gedung SMP Negeri 1 Doloksanggul.

Lalu, Penataan Lapangan Parkir (Hotmix) Kompleks Pendopo dan samping kanan Kantor Bupati Bukit Inspirasi, Lanjutan Perkerasan Jalan Lingkungan Parluasan menuju Dusun Pulobali Desa Pakkat, Perkerasan Jalan Dusun Durutombak Desa Sihonongan Kec. Paranginan, Pengaspalan Jalan Pustu Parluasan Kecamatan Parlilitan, Rehab Total Pagar Depan SMK 1 Doloksanggul, Rehabilitasi kamar mandi Pancur Baringin Desa Purba Baringin, Pembangunan Jaringan Pipa Distribusi IKK Pakkat, Pembangunan Pos dan Jaga Pintu Masuk dan Keluar Kompleks Kantor Bupati Bukit Inspirasi. Renovasi Ruang Catur dan Pembangunan Selasar Penghubung ke Rumah Dinas, Pembangunan Aula Kantor Camat Pakkat, Pembangunan Jaringan Pipa Distribusi IKK Doloksanggul, Pembangunan Rumah Dinas Dokter Puskesmas Tarabintang.

Pembangunan Rabat Beton Lumban Samosir Desa Saitnihuta Kecamatan Doloksanggul, Pengadaan Mobil Pick Up,Pembangunan Distribusi Air Bersih IKK Parlilitan, Pembuatan Lahan Parkir Mobil di Objek Wisata Sipinsur, Perbaikan Pagar Keliling Lokasi Objek Wisata Sipinsur, Perkerasan Jalan Matiti-Hutagurgur, Pembangunan Pagar RSU Doloksanggul, Pembangunan Rabat Beton Menuju Puskesmas Sijamapolang.

Pembangunan Patung Raja Sisingamangaraja XII, Perluasan Kantor Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah, Pembangunan Jalan Rabat Beton SD Silaban Siponjot, Perkerasan Jalan keliling Stadion Simangaronsang, Pengaspalan menuju Lembaga Permasyarakatan Doloksangul, Pengaspalan Jalan Menuju Sosor Tobing Desa Simangaronsang Kecamatan Doloksanggul,Pembangunan Jalan Sipituhuta- Laguboti Kecamatan Pollung.

Pembangunan Rabat Beton dan Drainase Dusun Sitio-tio Desa Sibuntuon Kecamatan Lintongnihuta,Pengaspalan Jalan Masuk Gereja HKBP Sabungan Kecamatan Lintongnihuta, Pembangunan Taman SMA N 2 Lintongnihuta, Pembangunan Jalan Lingkungan Kompleks GKPS Desa Sirisirisi.

Pembangunan Pagar dan Penimbunan Halaman Parkir Kompleks Kantor Camat Pakkat, Rehab Rumah Dinas Bupati Humbang Hasundutan, Pengaspalan Jalan Menuju SD Simbara Desa Simbara Kecamatan Tarabintang, Pembangunan Gudang Farmasi Dinas Kesehatan, Pembangunan Jalan Lingkungan Dusun Napasingkam Desa Tarabintang, Pembangunan Rabat Beton Menuju Dusun Hutabagasan Desa Hutabagasan.

Pembuatan DED Jalan Nasional Doloksanggul-Siborongborong, Pembangunan Gapura RSUD dan Pos Jaga Doloksanggul, Pembangunan Rabat Beton Huta Godang Desa Siponjot, Perluasan Aula Kantor Camat Doloksanggul, Pembangunan Pagar Keliling SMPN 2 Parlilitan, Perkerasan Jalan Simpang Sijarango ke Lumban Marbun, Pembangunan Jalan Lingkungan menuju SD Sanggaran II dan Gereja GKPI, Pembangunan Pagar SMPN 1 Parlilitan, Pembangunan Jalan Lingkungan Barisan Simamora Ring Road Desa Hutaraja Kecamatan Doloksanggul.

Pembangunan Drainase Kompleks SMA N 1 Doloksanggul. Pembangunan Rabat Beton Menuju Poskesdes dan Kantor Desa Sion Runggu, Pembangunan Open Stage Sipinsur,Pembangunan Pagar Pembatas SD 173413 dan PUSTU Desa parsingguran II, Pengaspalan Lumban Sidabunan Menuju Lumban Siaro Kecamatan Paranginan, Pembangunan Drainase Jalan Situmtuman Desa Paranginan Selatan, Pembangunan Rabat Beton menuju Gereja Katolik Pagar Sinondi Kecamatan Onanganjang.

Pembangunan Pagar Rumah Dinas dan Mess Pemkab di Parlilitan, Pengaspalan Jalan masuk SMAN 1 Onanganjang, Pembangunan Gapura menuju Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi, Perkerasan Jalan Lingkar Parlilitan dari Gereja HKBP Dusun Siboas, Pembangunan Saluran Drainase Jalan doloksait Desa Bonanionan Kecamatan Doloksanggul, Pembangunan Jalan Lingkungan Lumban Samosir Desa Tapian Nauli Kecamatan Lintongnihuta.

Pembangunan Pagar SD 173328 Pangasean Lintongnihuta, Rehabilitasi pemandian Sitio-tio Kec. Baktiraja,Lanjutan Rabat Beton Gereja Katolik Kutapinang,Pembangunan Pagar SDN 173322 Parulohan, Pembangunan Poskesdes Martonabala, Pelebaran/Perkerasan Jalan Desa Sion Sibulbulon menuju Desa Sion Utara, Pembangunan Drainase Pulobali Kecamatan Pakkat, Pembangunan Drainase Tertutup Simpang Tiga Pasar Lama, Penataan dan Penimbunan Kolam Lokasi SMP 3 Doloksanggul, Pembangunan Jalan Lingkungan Dusun Hutagalung Desa Sionom Hudon Tonga, Pembangunan Paving Blok Kompleks Rumah Sakit Umum, Pembangunan Drainase Pasar Pusuk Kecamatan Parlilitan.

Pengaspalan Dusun Si Hombang Desa Laksa, Pembangunan Rabat Beton Kompleks Pasar Pakkat, Penataan Halaman Parkir Balai Latihan Kerja, lanjutan Pengaspalan jalan menuju dusun Lumban Sinaga Desa Parsingguran Kecamatan Pollung, Pembangunan Air Minum Dusun Ulaman Desa Lobu Tua, Pembangunan Drainase Desa Siantar Sitanduk, Pembangunan Jaringan Pipa Distribusi IKK Pollung.

Pembangunan Kanopi Parkir Kiri Samping Kantor Bupati Bukit Inspirasi, Pembangunan Drainase dari Lahan Gambut Pariksinomba, Pembangunan Rabat Beton Menuju SMP N 4 Doloksanggul. Lanjutan Pembangunan Pagar Keliling SMP N 4 Lintongnihuta, Pembangunan Poskesdes Sigual Kecamatan Sijamapolang, Pembangunan Rabat Beton Dusun I Desa Lobu Tolong, Kecamatan Paranginan, Pembangunan TPT SDN 173440 Sitapongan Desa Sitapongan, Pembuatan Fasilitas Olahraga di Lokasi Perkantoran Bukit Inspirasi.

Pembangunan Drainase Kompleks SD Tanah Lapang Doloksanggul, Pengaspalan Dusun Siambalok Desa Purba Baringin, Pembangunan Rabat Beton Menuju Sumur Raja Sisingamangaraja XII, Pembangunan Pagar Kantor Camat Baktiraja, Pembangunan Rabat Beton Menuju Pansur Lobu Kecamatan Pakkat, Pembangunan Jaringan Pipa Distribusi IKK Lintongnihuta, Pengaspalan jalan Lumban Paremean-SD Saitnihuta Toruan Kecamatan Doloksanggul, Pembuatan DED IKK Onan Ganjang, Pembangunan Air Minum Desa Hutasoit I, lanjutan Pengaspalan Jalan Sipanghualan-Hirta Desa Pandumaan, Pembangunan Median dan Lampu Penerangan Jalan.

Pengaspalan Jalan Lumban Dolok-dolok Desa Sipituhuta Kecamatan Pollung dan Pengaspalan Dusun Bahal Godang Huta Pinang. (karmawan silaban)

banner 468x60