Dana Desa di Baktiya Belum Cair, Kasi PMD Sayangkan Lemahnya SDM Desa

ACEH UTARA, Bongkarnews.com – Sebagian desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Utara sudah menerima dana desa tahap pertama atau tahap 20 persen. Namun untuk Kecamatan Baktiya hingga saat ini belum menerima dana tersebut. Ini disebabkan banyaknya dokumen pengajuan dari desa yang belum sesuai petunjuk kabupaten.

Hal tersebut disampaikan Kasi PMD Kecamatan Baktiya, Burhanuddin saat ditemui wartawan, Jumat (29/6/2018). Kata Burhanuddin, berkas pengajuan dana desa itu dikumpulkan oleh masing-masing keuchik melalui pihaknya sejak beberapa hari yang lalu.

“Setelah kita verifikasi, ternyata banyak sekali dokumen yang mereka usulkan tidak sesuai dengan petunjuk yang diarahkan oleh kabupaten, sehingga kita kembalikan berkas itu ke masing-masing desa untuk diperbaiki,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan, setelah dikembalikan ke desa, hasil perbaikan yang diterimanya justru juga belum sesuai seperti yang diharapkan. Menurutnya, hal ini tentu saja terjadi akibat lemahnya SDM desa terhadap kebutuhan administrasi.

“Kalau berbicara SDM Gampong, ini rata-rata relatif. Hasil amatan saya semenjak saya di sini, 57 desa di Baktiya itu SDM-nya masih kurang dan perlu peningkatan kapasitas. Kalau memang ada operator desa yang berperan aktif (dalam hal ini) saya rasa tidak sulit dalam pengajuan dokumen pencairan dana,” ujar Burhanuddin lagi.

Ditanya mengenai keberadaan Pendamping Desa (PD) dan manfaatnya terhadap desa sejauh ini, Burhanuddin menyebut secara umum keberadaan PD belum tepat sasaran.

“Kalau kita berbicara masalah pendamping desa, ini memang sudah menjadi rahasia umum. Karena memang pendamping desa itu kalau kita katakan bekerja ya bekerja. Tapi belum mencapai sasaran seperti yang kita harapkan,” kata Burhanuddin.

“Di desa kita lihat pendamping ada dua tingkatan ya, PD dan PLD. Sebenarnya kalau ini benar-benar berperan, membimbing dan membantu desa saya rasa tidak terjadi kesulitan. Tapi kenyataannya sekarang yang kita melihat inilah belum maksimal,” sambung Burhanuddin.

Dia berharap kepada para Keuchik di masing-masing desa agar terus menyiapkan berkas pengajuan pencairan dana desa sesuai yang diarahkan pemerintah kabupaten agar dana tersebut segera direalisasikan. (Jml)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *