Bupati Siak, Hadiri Undangan Khusus Presiden RI

BOGOR | Bongkarnews.com – Bupati Siak H Syamsuar beserta Rombongan Bupati lainnya sebanyak 18 orang hadir di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis(5/7/18) yang disambut langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Para Bupati tersebut merupakan undangan khusus sebelum Puncak acara Apkasi ke XI dilaksanakan pada hari Jumat 6 Juli 2018 yang dipusatkan di Gedung ICE Tangerang Selatan,Banten.

Dalam arahannya,Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerangkan dihadapan Para Bupati, ‎pentingnya sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah.selain itu juga,beliau menginginkan agar Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota betul-betul satu garis lurus dalam menerapkan kebijakan Pusat serta saling bersinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten.

“Ini undangan khusus kepada Bapak Ibu Bupati, saya memang ingin mengundang dalam forum-forum yang lebih kecil seperti ini, sehingga lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pemerintahan di Daerah,Setiap kebijakan di Pemerintah Pusat harus bisa dikerjakan secara sinergi bersama-sama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten,”terang Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama, Presiden juga menyampaikan hal yang berkaitan dengan Pertumbuhan Ekonomi. Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa situasi Ekonomi Dunia sekarang penuh dengan ketidakpastian dan sulit dikalkulasi.

“Saya kira Bapak Ibu Bupati juga merasakan betapa ketidakpastian Ekonomi dunia itu betul-betul sulit dikalkulasi dan sulit dihitung,” jelas dia.

Selain itu, Bupati Siak H Syamsuar juga mengatakan, kegiatan yang dihadiri oleh 18 Bupati pada sore hari tersebut merupakan undangan khusus dari Bapak Presiden.selain sebagai menjalin silaturahmi bersama para Bupati yang hadir,juga bertujuan agar  Pemerintah yaitu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten harus saling bersinergi,hal tersebut tentunya agar dalam penerapan kebijakan yang telah dilakukan bisa berjalan dengan baik.sehingga bisa menuju peningkatan daya saing yang tinggi terhadap  pertumbuhan ekonomi maupun dalam peningkatan daya saing daerah dalam menghadapi revolusi industri.

“Pertemuan dengan Bapak Presiden RI merupakan Silaturrahmi Presiden dengan pengurus APKASI. Beliau menyampaikan arahan tentang Peningkatan Pertumbuhan ekonomi serta upaya menekan inflasi, Meningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi revolusi industri,seperti penggunaan robot.selain itu pula, Kemajuan Digitalisasi yang harus dihadapi oleh dunia secara global juga sebagai tantangan kedepan. Karena itu,daerah harus mampu menghadapi perubahan yang begitu cepat dengan berbagai inovasi,bukan bekerja seperti manual saja. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing, harus mampu meningkatkan investasi dan komoditas eksport. disamping itu Presiden Joko Widodo berkenan menerima masukan dari berbagai daerah untuk suksesnya penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan pelaksanaan pembangunan Daerah”,tandasnya‎ (Hms/Abb)

Pos terkait