Sitename

Description your site...

Bupati H Saifannur, S.Sos: Negara Demokrasi Kebebasan Pers Harus Terjamin

Bupati H Saifannur, S.Sos: Negara  Demokrasi Kebebasan Pers Harus Terjamin

BIREUEN-BN.

Suatu negara demokrasi, kebebasan pers harus benar-benar  terjamin, ucap H Saifannur pada kesempatan pelantikan Pengurus Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC PPWI) Kabupaten Bireuen di Aula  Wisma Bireuen Jaya, Sabtu (7/10).

Bupati Bireuen itu mengatakan, Jurnalistik atau media massa merupakan bagian penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Apalagi
telah terbukanya kebebasan pers.”Namun semua itu, tentu saja harus  bertanggungjawab,” ujar H Saifannur, S.Sos

Dalam kesempatan yang juga dihadiri Mantan Bupati Bireuen, H Ruslan M  Daud, serta senator asal Aceh, Fakrurraz, disebutkan oleh H Saifannur
dengan perkembangan dunia pers, benar-benar memperoleh kebebasan. Tanpa ada lagi pengekangan oleh siapapun.”Kita semua menyadari bahwa
tidak mengkin demokrasimampu ditegakkan tanpa adanya kebebasan pers. Karena suatu negara demiokrasi kebebasan pers harus benar-benar
terjamin,” kupas H Saifan.

Menurut Bupati Bireuen itu, Pers bukan hanya menyampaikan berita , tapi  pers juga merupakan medai penyampaian pendapat kritik , dan saran untuk memperbaiki kehidupan sosial , masyarakat. Prinsip idealisme jurnalis, adalah melaksanakan tugasnya sesuai kode etik jurnalistik, yaitu menyampaikan kebenaran, berimbang, memiliki  independensi, serta dampak negatif setiap pemberitaan,” pungkas H  Saifannur, S. Sos.

Sebelumnya Ketua Umum PPWI Pusat, Wilson Lalingke, S.Pd, M.Sc, MA  melantik pengurus Cabang PPWI Kabupaten Bireuen yang digawangi  Roesmady dengan Sekretaris Sofyan Ramli serta Bendahara Sulaiman Gandapura, yang diawali penyerahan pataka kebesaran organisasi  tersebut yang diterima Ketua PPWI Bireuen, Roesmadi.

Ketua umum PPWI Pusat itu, menyatakan apresiasi kepada Bupati Bireuen  yang menyampatkan hadir dalam event pelantikan pengurus PPWI Bireuen.

“Saya menyampaikan aspresiasi setinggi-tingginya, kepada Bupati Bireuen. Jarang-jarang kepala pemerintahan yang bersedia hadir dalam  pelantikan pengurus PPWI kabupaten,” urainya.

Ketua PPWI Bireuen, Roesmadi juga menyampaikan penghargaan kepada  Bupati Bireuen yang berkenan hadir dan sebelum peklantikan turut  menyampaikan pencerahan, dan nasehat kepada pengurus yang dipimpinnya.  Dalam kesempatan itu,  Ketua Umum PPWI Pusat, juga menyerahan plakat dan cindera mata, kepada Bupati Bireuen, mantan  Bupati Bireuen, pimpinan DPRK Bireuen, yang mewakili Dandim 0111 Bireuen, Kapolres Bireuen, Ketua Pengadilan Negeri Bireuen.

Acara tersebut, ditandai pula pelatihan jurnalistik yang diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan siswa  SLTA di Kabupaten Bireuen yang dipusatkan di Aula Wisma Bireuen Jaya.  Hal ini menunjukkan,  bahwa PPWI Kabupaten Bireuen sangat eksis   membuka kans bagi kalangan tersebut untuk belajar jurnalistik, dan hal   ini jarang dilakukan organisasi wartawan di Aceh pada setiap   pelantikan pengurusnya.   (Maimun Mirdaz)

banner 468x60