BUMDES Luan Balu Berhasil Meningkat Pendapat Masyarakat

SIMEULUE | BN – masyarakat desa luan balu kecamatan teluk dalam melakukan khanduri syukuran panen hasil laut di desa setempat.jumat (15/12/17).

Masyarakat sangat senang dan bersyukur karena hasil tangkapan mereka baik ikan maupun gurita, hasilnya sangat melimpah pada tahun ini sehingga kesepakatan bersama masyarakat melakukan acara syukuran.

“Acara tersebut juga sebagai rasa kebersamaan dan kekompakan sesama nelayan, sekitar 250 orang nelayan di desa luan balu dapat mengeluarkan zakat hasil tangkapan mereka sekitar 3 dan 4 juta setiap bulannya. Kata kepala desa luan balu Eri Sujirman.

Dalam acara itu juga, lanjut Eri Sujirman para nelayan menyerahkan santunan anak yatim sebanyak Rp. 2.000.000 kepada 6 orang anak yatim di desa setempat.

Dikatakan Eri, bahwa desa luan balu sudah membangun kekompakan bersama selama 2 tahun, mereka saling berbagi informasi dan melaksanakan semua arahan dengan baik tentang ilmu kelautan dari para pengalaman yang ada didesa setempat.

Pihak pemerintah desa luan balu membentuk bumdes (Badan Usaha Milik Desa), semua hasil tangkapan ikan dan gurita dari para nelayan akan ditampung dengan baik.

Bahkan hasil tangkapan ikan dan gurita dapat ditampung dengan harga mencapai, Rp 45.000/kg, disamping harga yang tinggi para nelayan sebelumnya juga diberikan arahan supaya mereka nyaman berusaha dalam menangkap ikan maupun gurita.

“Sekarang BUMdes desa Luan Balu telah bisa merambat ke bidang lain seperti peternakan dan perkebunan dengan keberhasilan tersebut desa luan balu akan mengembangkan lebih baik lagi di tahun yang akan datang, tutup kepala desa luan balu Eri Sujirman.

Acaran syukuran itu dipimpin oleh kepala desa luan balu dan para tokoh masyarakat setempat serta para undangan lainnya dan juga dilibatkan pihak dari polsek kecamatan teluk dalam.(FAUZAN)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas