2000 Peserta Pawai Ta’aruf MTQ Siantar Barat Dilepas dari Rumah Dinas Walikota Siantar

SIANTAR | bongkarnews.com – Ada yang berbeda dari pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 Tingkat Kecamatan Siantar Barat, Selasa (11/2/2020). Sebanyak dua ribu peserta Pawai Ta’aruf dilepas dari rumah dinas Walikota Pematangsiantar di Jalan MH Sitorus, lalu menuju lokasi acara di halaman Masjid Raya, Jalan Masjid, Kelurahan Timbang Galung, Pematangsiantar.

Pawai Ta’aruf diikuti oleh unsur kecamatan, kelurahan, perwakilan dari sekolah yang ada di Kecamatan Siantar Barat, serta masyarakat. Juga dimeriahkan marching band dan sepeda hias.

Bacaan Lainnya

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ bertujuan menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa memelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Sehingga benar-benar melekat pada diri masyarakat dan akan terarah menuju prilaku yang Qurani.

Melalui perhelatan MTQ, Hefriansyah mengajak umat Islam tingkat untuk merefleksi, berzikir, dan bertafakur guna membangun akhlak dan peradaban.

-“MTQ ini merupakan salah satu wadah untuk mendalami arti, makna, dan keindahan Alquran. Saya berharap pelaksanaan MTQ ini dapat memberikan motivasi dalam memahami kandungan dan makna Alquran, sehingga dapat diamalkan di kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Ketua Panitia MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Barat, Mhd Syaifuddin Ali Nasution mengatakan, Pawai Ta’aruf diikuti ribuan warga. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Siantar Barat yang sudah membantu pelaksanaan MTQ ke-52 yang dilaksanakan di Masjid Raya kota Pematangsiantar.

Sedangkan Nazir Masjid Raya Pematangsiantar H Rafii Nasir mengatakan, pelaksanaan MTQ diharapkan meningkatkan Alquran sebagai pedoman untuk kehidupan sehari-hari.

“Kami pengurus Masjid Raya mengucapkan terima kasih kepada pihak kecamatan yang sudah menetapkan Masjid Raya sebagai tempat pelaksanaan MTQ ke-52 Tingkat Kecamatan Siantar Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pematangsiantar HM Ridwansyah mengucapkan selamat atas pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Barat.

“Kami merasa sangat berbahagia karena MTQ di setiap kecamatan sangat meriah. Selamat bertanding bagi peserta MTQ,” ucapnya.

Acara pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Barat diisi dengan
menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ, pembacaan ayat suci Alquran, dan pelantikan dewan hakim.

Sedangkan cabang perlombaan yang digelar yaitu Mujawat, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tahfiz Quran, Khottil Quran, dan lomba mewarnai tingkat TK.

Turut hadir Ketua TP PKK Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat, Camat Siantar Barat Arri Sembiring SSTP, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Siantar Barat, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Pematangsiantar dan Kecamatan Siantar Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Pematangsiantar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pematangsiantar, alim ulama, tokoh pemuda, tokoh agama, dan masyarakat Kecamatan Siantar Barat. (EP)

Pos terkait