Walikota Siantar Raih Penghargaan Pembina Kecamatan Terbaik, Siantar Timur Kecamatan Terbaik Dua Tingkat Sumut

SIANTAR | bongkarnews.com – Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM meraih penghargaan sebagai Pembina Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2019. Selain itu, Kecamatan Siantar Timur dinobatkan sebagai kecamatan terbaik kedua, juga untuk tingkat Sumut.

Trofi dan penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka, Jalan Dr Sutomo Kota Tebingtinggi, Selasa (11/2/2020).

Saat menerima penghargaan, Hefriansyah diwakili Wakil Walikota Togar Sitorus. Sedangkan penghargaan untuk juara dua kecamatan terbaik diterima Camat Siantar Timur yang menjabat tahun lalu, Robert Sitanggang SSTP.

Gubsu Edy Rahmayadi sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara secara intensif melakukan penilaian keberhasilan dalam memimpin kecamatan dan melaksanakan pembinaan kepada masyarakat. Penilaian dan pembinaan dilakukan untuk mengevaluasi sudah sejauh mana kinerja para camat dalam menyelenggarakan tugas-tugas camat sebagaimana yang telah diamanatkan pada Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2018.

Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Kota Tahun 2019 diberikan kepada enam kecamatan yang ada di Sumut, yang dinilai telah berprestasi serta menunjukan jasa kepeloporan dan pengabdian dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Menurut Edy, tugas camat yang merupakan ujung tombak segala aspek kehidupan masyarakat cukup kompleks. Untuk itu dalam rangka memberdayakan segala potensi yang ada di kecamatan, seorang camat harus mampu mensinergikan tiga pilar, yaitu pemerintah, masyarakat, dan swasta.

“Untuk itu saya harapkan agar para camat mempersiapkan diri, membekali ilmu pengetahuan serta meningkatkan kreativitas dan profesionalisme dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk mengantisipasi tantangan-tantangan tugas pada masa mendatang dan pembangunan dapat terus berjalan secara berkesinambungan, yang tentunya tidak terlepas dari peran camat dan perangkatnya yang diberi wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” katanya.

Enam kecamatan terbaik kategori kota di Sumut yaitu juara 1 Kecamatan Padang Hulu Kota Tebingtinggi, juara 2 Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar, juara 3 Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, juara harapan 1 Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai, juara harapan 2 Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga, dan juara harapan 3 dari Kota Medan.

Kepada para camat yang telah meraih prestasi, Edy Rahmayadi mengucapkan selamat.

“Ini merupakan hasil dari kerja keras dan kerja sama yang harmonis, serta koordinasi yang baik dengan dinas dan instansi terkait, serta partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Keberhasilan ini hendaknya menjadikan pendorong untuk meningkatkan pelaksanaan tugas melayani masyarakat. Jangan cepat merasa puas, bangga, dan terlena jika pelayanan yang diberikan itu tidak hanya sesuai harapan masyarakat tetapi justru melampaui harapan keinginan masyarakat,” sebutnya.

Edy berharap para camat yang telah meraih prestasi dapat menjadi perhatian para walikota untuk pengembangan karirnya di masa yang akan datang.

“Melalui kesempatan ini saya minta kepada seluruh camat untuk lebih peduli dan peka dalam melayani masyarakat dengan turun ke lapangan dan cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada di wilayah kecamatannya. Mari kita wujudkan masyarakat sejahtera yang bermartabat dalam kehidupan,” imbaunya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Edy secara pribadi mengapresiasi para camat berprestasi. Juara 1 mendapatkan 15 ekor sapi, juara 2 memeroleh 25 ekor kambing, dan juara 3 mendapatkan 100 ekor ayam. Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3 masing-masing mendapat 50 ekor ayam untuk dipelihara dan dikembangkan. (EP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *