Yayasan AUR Dairi Menenggoi Gelar Workshop Menulis Kreatif Cerita Semesta Dairi

DAIRI  I Bongkarnews.com. Menulis kreatif adalah seni menuangkan ide-ide dan pemikiran, khususnya berbagai hal yang cukup dekat dengan penulis secara emosional, ke dalam tulisan dengan berbagai format yang disukai.
Menulis kreatif bisa berupa penulisan kreatif puisi, artikel, lirik lagu, skenario film, novel atau buku, cerita pendek dan lain-lain. Untuk itu, Tim Yayasan Aur Dairi Menenggoi hadir di SMPN 2 Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi pada Jumat 17 Juni 2022. Kegiatan ini disambut baik Kepala Sekolah Rianto Purba.
Tim Yayasan Aur Dairi Menenggoi Emmy Sidabutar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi cara menulis kreatif bagi anak-anak sekolah dengan target minimal 100 anak SMP dan SMA di Kota Sidikalang dan sekitarnya. Menurutnya kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Semesta Dairi Memanggil yang kick offnya sudah dilakukan pada awal Juni lalu.
“Kita berikan workshop praktis dengan misi utamanya agar anak-anak didik di berbagai sekolah di Sidikalang belajar dan menulis kreatif mempromosikan Dairi dalam berbagai bentuk tulisan. Harapannya anak-anak Dairi menuliskan apa yang dekat dengan hati dan pikiran mereka tentang Dairi dari berbagai topik dan menyebarkannya kepada publik,” kata Emmy.
Emmy menyebutkan kegiatan tersebut disambut hangat dan antusias para siswa di kelas VIII-1 dengan 32 anak yang sudah menunggu berbaris rapi di depan kelas seolah memberi suntikan semangat baru bagi tim.
“Memandang wajah-wajah muda antusias mendengarkan tips menulis kreatif, sungguh sangat membesarkan hati,” katanya sumringah.
Emy Sidabutar atau E Sati sebagai fasilitator workshop berpesan bagaimana teknik menceritakan keindahan dan kekayaan alam, budaya dan masyarakat Dairi yang sangat berharga melalui penulisan kreatif, karena menurutnya banyak turis lokal apalagi mancanegara tidak tahu keistimewaan Dairi.
“Di era digital dan media online, sebenarnya peluang untuk mempromosikan Dairi kepada publik Indonesia dan mancanegara sangat terbuka. Namun tentu saja harus tetap disampaikan dengan cara menarik, agar pembaca ikut terbawa emosi penulis sehingga akhirnya penasaran ingin datang ke Dairi. Jadi perlu ada yang menceritakan dan membagikan dan sangat baik jika dilakukan oleh masyarakat Dairi sendiri,” katanya.
Untuk menambah semangat anak-anak didik yang beruntung mendapatkan kelas workshop menulis kreatif, tim Yayasan Aur Dairi Menenggoi juga mengumumkan 10 (sepuluh) tulisan terbaik yang akan mendapatkan hadiah
Disebutkan dia, tulisan terpilih akan diterjemahkan dalam bahasa daerah dan bahasa Inggris, dibukukan dan dipamerkan di acara ulangtahun Kabupaten Dairi di bulan Oktober 2022. Dan bagi 3 (tiga) tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah laptop, tablet, handphone dan bahkan kesempatan makan malam bersama dengan bapak Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.
“Kelas berakhir seru dengan foto bersama di depan kelas dan meneriakkan yel-yel Dairi Unggul. Sungguh pengalaman yang berkesan bagi semua anak, kepala sekolah dan juga yayasan Aur Dairi Menenggoi untuk mensukseskan program Semesta Dairi Memanggil,” ungkapnya.(BP.007)

Pos terkait