Warga Antusias Sambut Pengobatan Gratis Program Bakti Kesehatan Bermartabat

DairiΒ  I Bongkarnews.com.Tim dokter dari Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumatera Utara (BKB Sumut) melanjutkan pelayanan kesehatan keliling. Kali ini warga Kabupaten Dairi mendapat giliran untuk memperoleh pelayanan kesehatan gratis, tepatnya di Puskesmas Sitinjo,Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi pada Rabu (29/06/2022).
Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara yang menyelenggarakan Pengobatan Gratis ini mendapat antusias dari warga masyarakat Kabupaten Dairi.
Ditemui disela-sela kegiatan, Sekretaris pelaksana Bakti Kesehatan Bermartabat Provinsi Sumatera Utara, Swandi Simanjuntak SKM, Mkes, didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Henry Manik dan Camat Sitinjo, Symon Toni Malau menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada hari Rabu, 29 Juni 2022 berlokasi di Puskesmas Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi akan memberikan layanan kesehatan berupa Pengobatan Gratis meliputi Sunatan Massal, Operasi bibir sumbing dan pengobatan khusus penyakit dalam.
“Target kita, akan memberikan layanan Sunatan Massal kepada 100 Orang, layanan Operasi Bibir Sumbing untuk 10 Orang, dan Pengobatan Gratis oleh dokter spesialis khusus penyakit dalam untuk 60 Orang,” kata Swandi.
Swandi menyebut, kegiatan serupa sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu, dan untuk tahun 2022 ini, Kabupaten Dairi merupakan kabupaten ke 16 di Sumut yang mendapat pelayanan.
“Kegiatan pelayanan kesehatan, sudah berjalan sejak 2 tahun dari 2021, dan 2022. Target kita, pelayanan sunatan massal akan diberikan pada 100 orang, namun laporan yang kami terima sudah terdaftar sebanyak 110 orang, untuk sunatan massal, dan untuk layanan pengobatan penyakit dalam sudah lebih dari 60 orang. Kami berharap antusiasme masyarakat Dairi terutama yang sudah terlayani kesehatannya, maka dan warga sumut secara keseluruhan akan semakin sehat, tidak ada lagi warga yang mengalami bibir sumbing,” katanya mengakhiri.
Sementara itu, Santo Mareno Naibaho, salah seorang warga yang datang memeriksakan kesehatan merasa senang dan terbantu atas kehadiran 2 bus keliling yang memberikan layanan kesehatan bagi warga. Ia mengatakan layanan serupa juga perlu lebih sering dilakukan agar kesehatan warga lebih terjaga.
“Saya sebagai warga tentu senang dengan layanan kesehatan gratis ini, Terkadang banyak warga yang enggan memeriksakan kesehatannya karena alasan takut biaya besar. Namun dengan layanan kesehatan gratis, pasti warga sangat antusias. Kalau bisa, durasi layanan kesehatan seperti ini bisa semakin sering diadakan,” tukasnya. (BP.007)

Pos terkait