Walikota Siantar Harapkan Pengurus Komunitas UMKM Bersatu Bisa Berkolaborasi dengan Pemerintah

  • Whatsapp

SIANTAR I bongkarnews.com- Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM mengharapkan pengurus Komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bersatu Kota Pematangsiantar berkolaborasi dengan pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat. Hal itu disampaikan Hefriansyah diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Zainal Siahaan, dalam sambutan tertulisnya di acara pelantikan pengurus Komunitas UMKM Bersatu Kota Pematangsiantar periode 2020-2025, di Simalungun Room Siantar Hotel, Sabtu (31/10/2020).

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini dan ucapan selamat atas pelantikan pengurus Komunitas UMKM Bersatu Pematangsiantar. Kiranya akan memiliki manfaat baik bagi pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat luas,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkannya, disadari keberadaan UMKM yang begitu banyak saat ini sangat memerlukan dukungan dan juga pendampingan.

“Kolaborasi antara pemerintah, instansi terkait, dan Komunitas UMKM Bersatu serta masyarakat sangat diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM, sehingga mampu bersaing di pasar bebas,” katanya.

Terlebih lagi, lanjutnya, di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, banyak UMKM terdampak. Karena itu, kehadiran Komunitas UMKM Bersatu sangat diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

“Saya harapkan juga kepada pelaku UMKM untuk mau berkomunitas dan tidak menutup diri. Dengan ikut dalam komunitas, akan mempermudah pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Kini saatnya pelaku usaha saling bersinergi dan berkolaborasi untuk tetap bisa bertahan,” jelasnya.

Di era digital saat ini, sambungnya, memasarkan produk secara online merupakan salah satu solusi.

“Saya sangat mengharapkan Komunitas UMKM Bersatu Pematangsiantar dapat melakukan pendampingan dan juga pelatihan kepada para pelaku UMKM di Pematangsiantar untuk bisa memasarkan produknya secara online, dengan harapan memiliki pangsa pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga dalam sambutannya yang dibacakan anggota DPRD Arif Dermawan Hutabarat menyampaikan, dengan resmi dilantiknga pengurus Komunitas UMKM Kota Pematangsiantar, menjadi momentum strategis untuk mengembangkan dan sekaligus meningkatkan UMKM dan wirausaha baru di Kota Pematangsiantar.

“Kami mengimbau kepada pemerintah untuk terus memberikan masukan dan saran, bahkan memfasilitasi sehingga para pengurus Komunitas UMKM ini bisa bekerja semaksimal mungkin. Kepada perbankan ataupun pemberi modal diharapkan dapat membuka peluang kerja sama kepada para pelaku UMKM di Kota Pematangsiantar,” katanya.

Tentunya, katanya, dengan skala bunga yang rendah atau mungkin memberikan dana-dana CSR perusahaan-perusahaan yang berkembang yang ada di Kota Pematangsiantar. Misalnya, memberikan beberapa persen dari keuntungan perusahaan.

“Kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar kami mengharapkan agar mengalokasi dana dari APBD untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pameran yang berskala nasional maupun internasional, atau memberikan fasilitas-fasilitas tempat pameran hasil UMKM,” tukasnya.

Bisa saja, dengan membangun tempat pameran di pintu gerbang menuju Danau Toba atau di sudut kota lainnya yang terjangkau wisatawan.

“Mungkin di Lapangan Parkir Pariwisata, sehingga wisatawan yang masuk ke Kota Pematangsiantar dapat melihat dan membeli produk-produk UMKM berupa makanan maupun cenderamata,” pungkasnya. (ep)

Pos terkait