Walikota Sambut Kedatangan 39 Taruna Peserta Latsitardanus Tahun 2021 Kerja Nyata di Kota Tebing Tinggi

  • Whatsapp

Tebing Tinggibongkarnews.com-Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyambut kedatangan Taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (Akpol) serta mahasiswa lokal peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Ke XLI Tahun 2021 bertempat di Gedung Akbid Pemko Tebing Tinggi Jalan Gunung Leuser, Rabu (7/4/2021) sore.

Turut hadir dalam penyambutan ini, Wakil Ketua I DPRD H. Muhammad Azwar, S.Si, Kapolres kota AKBP. Agus Sugiyarso, S.IK, Kasdim Mayor Inf. Totok Riyanto, Kaban Kesbangpol Zubir Husni Harahap, Kadis Kesehatan dr. H. Nanang Fitra Aulia, Sp. PK, OPD, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Ketua Tagana Kota Imam Ansyori Nasution, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Mengawali sambutannya, Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan mengungkapkan merasa bangga karena Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah kerja nyata bagi 701 jiwa, Taruna Akmil, AAL, AAU, Akpol serta 100 mahasiswa lokal. Ia juga berharap kegiatan ini memiliki dampak positif langsung kepada masyarakat di kota Tebing Tinggi.

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita atas adanya kegiatan Latsitardanus tahun 2021 yang diselenggarakan di Sumut dan di kota Tebing Tinggi, ada 39 taruna yang akan kerja nyata selama dua minggu.

” Mereka akan mengabdikan diri terjun ke masyarakat Kota Tebing Tinggi. Mudah-mudahan masyarakat kita mendapatkan dampak positif langsung dari kegiatan ini,” kata Walikota.

Dikemukakan Walikota, bahwa ada enam daerah yang akan menjadi Satlat peserta yaitu Medan, Binjai, Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Deliserdang dan Simalungun. 701 taruna dan mahasiswa lokal akan kerja nyata di enam daerah tersebut dari tanggal 8-21 April 2021.

Untuk itu, kepada peserta diharapkan dapat mendorong jiwa cinta tanah air masyarakat yang berada di Satlat dan membantu di Kota Tebing Tinggi terutama di kecamatan dan kelurahan agar lebih baik di masa pandemi Covid-19.

“Selain kegiatan fisik seperti membangun menanam pohon, rumah dan lainnya, kita tentu berharap para peserta membantu kota Tebing Tinggi untuk pulih lebih cepat baik secara ekonomi maupun sosial yang sudah terdampak Covid-19,” tutur Walikota.

Dijelaskan Walikota, pada Akbid Pemko Tebing Tinggi terdapat asrama untuk tempat tinggal, lapangan bola voli dan tenis meja, makan, selain itu juga ada untuk sholat dan posko kesehatan.

” Kami tidak menghendaki ada yang sakit, tapi kami menyiapkan dua Rumah Sakit, RS Bhayangkari dan RS Kumpulan Pane dan juga menyiapkan ruang Isolasi terhadap terpapar Covid-19″ terang Umar Zunaidi.

“Mudah-mudahan acara Latsitardanus ini tetap kondusif, bersilaturahmi bersama masyarakat, bisa menjadi contoh dan panutan yang terbaik. Marilah kita bersinergitas antara masyarakat, TNI dan Polri demi memajukan bangsa kedepan” pungkas Walikota mengakhiri.

Sebelumnya, dalam sambutan singkat yang disampaikan pimpinan rombongan Latsitardanus Satlat Elang untuk Tebing Tinggi AKP. Rahardian Bayu Tresna, menyampaikan terimakasih kepada Walikota Tebing Tinggi, Kapolres dan Dandim beserta seluruh jajaran atas diberinya waktu dan kesempatan selama kurang lebih dua minggu untuk berintegrasi ke masyarakat.

“Kami lebih ditekankan interaksi kepada masyarakat dan saling menjaga demi untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memohon bimbingan dan arahan hingga acara Latsitardanus ini berjalan dengan baik” Imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua I DPRD H. Muhammad Azwar, S.Si mewakili Ketua DPRD Tebing Tinggi mengapresiasi kehadiran Taruna dan rombongan dalam bersinergi bersama dengan masyarakat.

“Saya yakin, dua minggu TNI dan Polri bisa bersama masyarakat. Kami atas nama DPRD Kota Tebing Tinggi menyambut baik kegiatan ini dan semoga dua minggu ke depan acara ini akan sukses” harap Wakil Ketua I DPRD ini.

Senada dengan itu, Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Agus Sugiyarso, S.IK jiga mengucapkan terimakasih kepada Walikota Tebing Tinggi atas persiapan yang sangat baik dalam menyambut Taruna dan mahasiswa Latsitardanus.

Selain menyampaikan situasi umum wilayah Tebing Tinggi, secara demografi maupun geografi dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan para Taruna dan mahasiswa, Kapolres juga mengingatkan para peserta agar tidak membuat kesalahan dan menjaga nama baik institusi dan bermasyarakat berkomunikasi yang baik.

“Setiap langkah dan setiap gerakan adik – adik, dilihat oleh masyarakat. Untuk itu, jangan membuat malu dan kami Polres Tebing Tinggi siap mendukung setiap rangkaian kegiatan Latsitardanus dan kami siap melakukan pengamanan serta pengawalan” tandas Kapolres. (Rst)

Pos terkait