Waduk Lhok Batee Seuneubok Lhong Sebagai Lokasi Wisata Alam

  • Whatsapp

Bireuen (BNC)-Kunjungan Prodi Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Program Paska Sarjana Universitas Almuslim Peusangan ke Gampong Seuneubok Lhong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Sabtu (18/12) menilai Waduk  Lhok Batee yang ada di gampong tersebut, jika dibenah dengan baik,  pantas disebut sebagai ikon wisata alam terbaik di daerah ini.

Kunjungan mahasiswa Program Pasca Sarjana Umuslim Peusangan ke Gampong Seuneuboek Lhong untuk melakukan kuliah lapangan dan Pengabdian masyarakat di lokasi Wisata Waduk Lhok Batee. Kegiatan tersebut juga dalam rangka rangka Dies Natalis ke 19 Universitas Almuslim.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan yang didampingi perangkat Gampong dan warga setempat sangat antusias menyambut kehadiran mereka, yang turut melepaskan bibit ikan air tawar ke waduk Lhok Bate, serta penanaman pohon bambu hias di kawasan waduk tersebut, sebagai langkah awal untuk progres pembangunan kawasan wisata.

 .

Direktur Pasca Sarjana Umuslim, Dr Cut Azizah, MT didampingi Sekretaris Dr, drh, Zulfikar, M.Si menyebutkan, waduk Lhok  Batee memilki  luasnya lebih kurang 5 hektar, sangat cocok untuk  kawasan konservasi berbasis sumber daya alam dan ekawisata yang bisa dikembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat masa depan.

Dosebutkan dalam kuliah lapangan  dan pengabdian masyarakat juga diikuti Ketua Prodi Sumber Daya dan Lingkungan, Dr Amalik M.Si,  Ketua Prodi IPS, Dr Rahmi Novalita M.Pd, beserta para dosen, seluruh mahasiswa Pasca Sarjana dan unsur Yayasan Almuslim H Baharni Rani SH.

Geuchik Seuneubok Lhong, Sudirman Ismail, S.Com mengatakan, masyarakat  berjanji akan melestarikan waduk Lhok Bate, yang berharap nantinya waduk tersebut menjadi   ikonik wisata alam terbaik di Bireuen bahkan di Aceh. Untuk itu, beberapa waktu lalu,  datang tim Pusat Kajian DAS Peusangan (PKDP) program Pascasarjana Universitas Almuslim untuk menyusun master plan kawasan wisata Waduk Lhok Batee.

Dikatakan, kehadiaran tim PKDP, Program Pasca Sarjana. Waktu itu, sebagai bentuk kerja sama dengan perangkat Gampong Seuneubok Lhong sebagai upaya mengembangkan perekonomian masyarakat serta melindungi Waduk Lhok Batee untuk lestari dan berkelanjutan, agar dapat dapat dimanfaatkan warga setempat.

Menurut Geuchik Sudirman, pihaknya,  perangak dan masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak Prodi Pasca Sarjana Umuslim, atas dukungan dan pendampingan yang di berikan kepada pihaknya  dalam upaya pembangunan kawasan Wisata Waduk Lhok Batee.

Sudirman menambahkan, hal positif dan mamfaat  yang akan dirasakan warganya,  yaitu pengelolaan air sawah dan lingkungan yang terjaga, serta tempat wisata. Bahkan bisa menambah penghasilan warga desanya   dari hasil yang sedang dicanangkan saat ini. “Artinya,  akan ada kawasan wisata di sini dan akan terjadinya pasar baru di kampung kami,” pungkas Geuchik Sudirman.

Perangkat desa merasa senang telah adanya kepedulian mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Almuslim yang mengunjungi desa mereka dalam usaha pengembangan waduk Lhok Batee yang nantinya akan dibuka jalan melingkar mengelilingi waduk. “Kelak  akan dibuat  tempat singgah bagi wisatawan, warung makanan dan minuman,  lokasi parkir dan fasilitas lainya,”sebutnya,  (Maimun Miraz)

 

Pos terkait