Tahun Depan Dianggarkan Dana RP 10 Milyar untuk Pembangunan Stadion Paya Kareung

Bireuen=Pembangunan Stadion Kareung,  yang dijadikan    sebagai Venue sepak bola Pekan Olah Raga Nasional (PON)  XXII Aceh-Sumut, pemerintah mengagarkan dana Rp 10 Milyar, sementara pembangunannya  telah memiki Detailed Engginering Design (DED), kata Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si.

Bupati Bireuen itu, mengatakan dalam jawaban dan Penjelasan terhadap  pemandangan umum  anggota DPRK  pada  pembahasan  rangqanun  Kabuaten Bireuen tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja  Tahun Anggaran 2022 di Gedung Dewan setempat, Senin (29/11), yang dipimpin Ketua DPRK Bireuen, Rusdi Muchtar, Sos yang didampingi Wakilnya, Suhami Hamid.

Bacaan Lainnya

Jawaban Bupati Bureuen menanggapi pertanyaan dan saran dan masukan Fraksi PKS-PPP-PAN terkait pembanguan sarana olah raga kawasan Paya kareung  dan Kawasan Terbuka Hijau (KTH), Mengacu  kepada Peraturan Presiden  no 26  tahun 2021 tetang desain Besar  Olah Raga Nasional (DBON), Kawasan Paya Kareung Ditetetapkan sebagai pusat Olah Raga. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 36 hektar sebagai tempat  Pembangunan Stadion Paya Kareung.

Lokasi itu, sebut Bupoti Muzakkar, juga ditetapkan sebagai venue  sepak bola pada Pekan Olah Raga Nasional (PON)  XXII Aceh – Sumut, sebagai tuan rumah, “Pembangunan stadion sepak bola Paya Kareung  telah memiliki DEB (Detailet Enginering Design)  yang pada tahun anggran 2021, pemrintah telah menyiapkan anggaran  untuk pembangunan stadion  tersebut sebesar Rp 10 Milyar,” ujarnya.

Dikatakan, venue sepakbola tersebut dirancang sekurang-kurangnya berstandar nasional, memiliki lintsan track atletis dengan fasilitas megah . Dalam upaya percepatan pembangunan kawasan Paya kareung  telah dilakukan disantaranya, lokasi, anggaran pembangunan pada tahun 2022, audensi dengan Presiden RI dan pihaknya tekah menyerahkan proposal  permohonan, lengkap pembangunan Stadion Paya Kareung .

Bupati Bireuen menyebutkan, selain Stadion Paya Kareung, Pemkab Bireuen juga telah merancang  pembangunan venue  renang  dan tekah memiliki DED, juga akan dibuatkan rencana Grand desain Sport Center Bireuen di Kawasan Paya Kareung,

Tentang Renovasi Stadion Cot Gapu  sebagai kawasan terbuka hijau (KTH) dimulai tahun 2021 , yang pembongkaran telah dilakukan mengingat tidak layak lagi  digunakan sebagai Stadion Kebanggaan  Masyarakat Bireuen. “Untuk itu, Stadion Cot Gapu   ditetapkan sebagai kawasan Terbuka Hijau (KTH) juga telah memiliki DED, yang nantinya   dapat dimanfaatkan  sebagai tempat upacara, taman bermain keluarga yang pada tahun 2022 telah dianggarkan untuk pembangunan Kawasan Terbuka Hijau,

Bupati Bireuen juga menanggapi berbagai usulan, dan masukan dare fraksi lainnya di DPRK Bireuen, seperti Fraksi Juang Bersama, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Aceh. (Maimun Mirdaz).

Pos terkait