Sekda Dairi Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – TNI dan Polri bersama Forkopimda Kabupaten Dairi melaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Toba 2021, bertempat di halaman Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (5/5/2021).

Pelaksanaan Ops Ketupat Toba yang dimulai dari tanggal 6-17 Mei 2021 dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H.

Bacaan Lainnya

example banner

Apel gelar pasukan dipimpin Sekda Dairi Leonardus Sihotang dengan Perwira Apel Kasat Lantas Polres Dairi AKP Herliandri SH dan Komandan Apel Kanit Patroli Sat Lantas Ipda JP Karo Sekali.

Saat membacakan amanat Kapolri, Leonardus mengatakan, apel yang dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya ldul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

“Menjelang Hari Raya ldul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan 2,03 persen”, ucap Leonardus.

“Hal ini disebabkan oleh karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya ldul Fitri. Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik, ini merupakan tahun kedua situasi pandemi Covid-19”, tambah Leonardus.

Dalam amanat yang dibacakan, kata Leonardus, Presiden Joko Widodo telah menjelaskan, bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Hari Raya Idul Fitri pada tahun lalu.

“Maka dari itu perlu adanya pengawasan ketat terhadap protokol kesehatan (Prokes) di daerah tujuan mudik, sentral perekonomian dan keramaian dengan mempedomani surat telegram Kapolri, agar mendirikan posko terpadu, lakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19, lakukan patroli gabungan secara periodik, berlakukan one gate system serta meningkatkan dukungan terhadap program vaksinasi massal,” sebutnya.

Ditambahkan Sekda Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 dilaksanakan secara serentak di Indonesia dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021. “Untuk wilayah Kabupaten Dairi, ada 4 pos pengamanan yang sudah dibuat jelang operasi ini, yakni Pos Simpang Silalahi, Pos Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Pos terpadu di Pusat Pasar Sidikalang, dan Pos penyekatan Sidiangkat”, terang Leonardus.

Untuk peserta apel barisan personel Perwira TNI/Polri dari Kodim 0206/Dairi dan Polres Dairi, Barisan Personil Sub Den Pom, Barisan personel Kompi B 125/Simbisa, Barisan personel Satpol PP, Barisan personel Dinas Perhubungan dan personel Damkar Pemkab Dairi.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Dairi Kompol David P Silalahi S.H, Ketua Pengadilan negeri Sidikalang Ledis Mariana Bakara S.H M.H, Perwakilan Kajari Dairi, Jajaran Perwira Polres Dairi dan perwakilan SKPD Pemkab Dairi.

(BD.007)

Pos terkait