Plang Proyek APBDes Tidak Terpasang, Penggunaan DD di Desa Sarang Torop Dinilai Tidak Transparan

  • Whatsapp

Serdang Bedagaibongkarnews.com –  Penggunaan kegiatan Dana Desa (DD) tahun 2021 di Desa Sarang Torop Kecamataan Dolok Masihul, Kab Sergai (Sumut) disinyalir tidak tranparansi ke publik termasuk  perangkat atau Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Desa Sarang Torop.

Terbukti ketika wartawan menanyakan tentang penggunaan Dana Desa (DD) kepada Kaur Umum dan Perencanaan Desa Sarang Torop bernama Wartina Naibaho di kantor Desanya, Kamis (13/01/2022).

Bacaan Lainnya

Wartina Naibaho jelas menjawab tidak mengetahui tentang kegiatan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021.

“Sama pak kades sajalah bang, aku gak tahu bang ” ucap Wartina Naibaho yang juga mengaku keluarga dari Kepala Desa Sarang Torop Irwanto Naibaho.

Pantauan wartawan di Kantor Desa Sarang Torop tidak terpampang plang proyek APBDes sebagai Sarana Informasi kepada publik agar publik atau masyarakat mengetahui kegiatan Dana Desa tersebut.

Dengan tidak adanya plang proyek APBDes disana, diduga kepala Desa Sarang Torop, Irwanto Naibaho sengaja melakukan ketidak transparanan serta diduga sengaja melakukan pembohongan publik atau melakukan pembodohan kepada publik (masyarakat).

Untuk diketahui, keterbukaan informasi juga jelas tertulis dalam Undang undang KIP (Keterbukaan Informasi Publik) Nomor 14 tahun 2008 yang menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Sementara itu, Kepala Desa Sarang Torop Irwanto Naibaho saat dikonfimasi wartawan via telephone, Kamis, (13/01/2022) menampik adanya dugaan ketidaktransparanan soal penggunaan Dana Desa yang dikelolanya.

Irwanto Naibaho juga menyatakan yang dikatakan Kaur Umum dan Perencanaan yang mengakui tidak mengetahui soal penggunaan Dana Desa karena tidak mau menjawab saja.

“Tapi ada plang proyek APBDes di dalam kantor. Kalau Kaur Umum dan Perencanaan mengatakan tidak tahu, itu cuma karena dia gak mau jawab aja itu pak, ” kilahnya. (RST)

Pos terkait