Oknum Kades Sarang Torop Sergai Diduga Sengaja Halangi Tugas Jurnalistik

  • Whatsapp

Serdang Bedagai I bongkarnews.com
Oknum Kepala Desa (Kades) Desa Sarang Torop, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Irwanto Naibaho, diduga sengaja ingin mengahalang-halangi wartawan dalam melaksanakan tugas atau profesi jurnalistiknya.

Kejadian bermula saat salah satu wartawan media online berinisial HBP berkunjung ke Kantor Desa Sarang Torop untuk berkoordinasi guna menyampaikan permohonan dan undangan dalam kegiatan media, sekaligus ingin konfirmasi mengenai penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 di Desa tersebut, pada Senin (10/1/22).

Bacaan Lainnya

Saat wartawan konfirmasi terkait penggunaan Dana Desa dan menanyakan kegiatan pembangunan serta tidak adanya papan APBDes yang terpampang di Kantor Desa dan sekaligus melakukan pengambilan gambar (dokumentasi foto dan video) di Kantor Desa Sarang Torop tersebut, Irwanto Naibaho selaku Kepala Desa seolah keberatan dengan  merampas hand hone (HP) dari tangan wartawan dan memberikannya kepada perangkat desanya dengan memerintahkan agar menghapus video yang telah  diambil .

Tak ingin adanya perdebatan, wartawanpun mengurungkan niatnya untuk konfirmasi terkait penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Desa Sarang Torop tersebut.

Guna konfirmasi ulang mengenai penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan terkait penghapusan video liputan wartawan yang dilakukan oleh perangkat desa atas perintah Kepala Desa yang mengambil HP dari tangan artawan.

Terkait hal itu, agar pemberitaan berimbang, wartawan mencoba konfirmasi ulang kepada  Kepala Desa Sarang Torop di Kantor Desa Sarang Torop, Selasa (11/01/22), tapi sayangnya Kades Sarang Torop tidak berada di kantor.

Anehnya, pintu Kantor Desa Sarang Torop terbuka tetapi dihalangi jerejak pintu besi yang sengaja dikunci dan tidak memperbolehkan wartawan untuk masuk ke Kantor Desa pada saat itu.

Salah satu perangkat desa yang berada di balik pintu besi Kantor Desa Sarang Torop saat dikonfirmasi terkait penghapusan video di HP wartawan, wanita yang mengaku sebagai Kaur Umum ini menjelaskan, sebagai perangkat desa melakukan penghapusan video dalam HP wartawan itu karena ada perintah dari Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop.

“Karena memang arahan dari Kades” , kata Kaur Umum Pemdes Sarang Torop ini.

Begitu juga dengan pria bertopi yang ada didalam kantor Desa Sarang Torop ini, dirinya mengaku sebagai tamu di Kantor Desa Sarang Torop tersebut dan dirinya tidak memperbolehkan Wartawan masuk ke Kantor Desa dengan alasan Kades tidak ada di Kantor.

“Gak ada orangnya bang, gak boleh gak boleh (masuk) orang nya gak ada (Kades) kerja, lain kali aja, Saya tamu, kenapa rupanya.!?” Jawab yang mengaku bernama Joni dari dalam Kantor Desa, sembari berjalan keluar dari pintu belakang Kantor Desa dan terlihat sambil menelpon seseorang.

Tak berselang lama, kemudian datang seseorang dengan menggunakan baju tak berlengan (kaos singlet) dengan tangan bertato mengatakan, kalau dirinya mau mencari keributan, sambil berjalan berputar mengepalkan tangannya dan menumbuk salah satu tiang broti yang ada di sekitarnya.

“Darimana bang? Ada masalah?, ya memang mau ribut ajalah ini. Mau konfirmasi apa?” ucap yang mengaku bernama Darta Warga Desa Dolok Menampang Kecamatan Dolok Masihul ini, sambil berjalan berputar dan menumbuk salah satu tiang kayu.

Sehingga maksud dan tujuan wartawan untuk konfirmasi langsung kepada Irwanto Naibaho selaku Kades Sarang Torop di Kantor Desa Sarang Torop itupun belum berhasil dilakukan.

Untuk memastikan keterangan perangkat desa yang menjelaskan Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop tidak ada di Kantor Desa pada waktu itu karena sedang bekerja atau dinas sebagai karyawan PTPN III, wartawan mencoba konfirmasi kepada atasan Irwanto Naibaho, yakni Tobing sebagai Asisten Afdeling 4 Kebun Sarang Ginting PTPN III,

Daam hal ini Tobing mengakui kalau Irwanto Naibaho adalah benar anggotanya sebagai Karyawan Pemel di Afdeling 4 Kebun Sarang Ginting, Asisten ini juga menjelaskan bahwa Irwanto Naibaho sering cuti (tidak masuk kerja) jika ada urusan Pemerintahan Desa.

Dia juga menjelaskan bahwa Irwanto Naibaho di dalam beberapa hari belakangan ini (dalam minggu ini) juga ada cuti alias tidak masuk kerja.

“Ya anggota kita, dia sebagai Pemel, kadang dia cuti kalau ada urusan di Desa, dalam minggu ini ada dia cuti, sama kerani nanti Saya tanya (kapan cuti dan berapa hari)”, jelas Tobing Asisten Afdeling 4 PTPN III Kebun Sarang Ginting.

Disaaat yang sama, Rabu (12/01/22) awak media mencoba konfirmasi melalui aplikasi WhatsApp (WA) kepada Irwanto Naibaho Kepala Desa Sarang Torop, terkait pengambilan HP yang dilakukannya langsung dari tangan wartawan dan penghapusan video di dalam HP  yang dilakukan perangkat desa atas suruhannya.

Kades Sarang Torop ini mengatakan alasannya bahwa wartawan atas nama HBP dinilai kurang sopan, tapi Kades ini tidak menjelaskan apa yang kurang sopan seperti yang dimaksudkannya.

“Diajari yang sopan kalau punya anggota Pak.. dan diajari juga aturan yang bermitra ini” , katanya dari pesan WA.

Tapi ketika dimintai untuk menjelaskan terkait apa tindakan oknum wartawan yang menurutnya kurang sopan tersebut, agar Manajemen dapat memberikan sanksi dan dapat menindak tegas jika benar adanya.

Tetapi lagi-lagi Irwanto Naibaho tidak dapat menjelaskannya, dicoba ditelepon berulang – ulang beberapa kali tetapi dibiarkan tidak diangkat walaupun terlihat sedang online dan berdering masuk.

“Gak perlu..” balasnya lagi, tetapi sambil menawarkan bantuan kepada awak media.

Hingga berita ini diturunkan, Pemerintah Kecamatan Dolok Masihul yakni Camat Dolok Masihul belum dapat dikonfirmasi karena dikabarkan sedang ada peralihan jabatan.(RST)

Pos terkait