Peserta Vaksinasi  di Seneubok Lhong  Record Tertinggi

  • Whatsapp

Bireuen- Vaksinasi yang digelar dan dipusatkan di Poskesdes Gampong Seuneubok Lhong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen,  Senin (27/12) di nilai sukses,  yang jumlah orang yang divaksinasi mencapai  855 peserta dan diyakini  sebagai pemecah record, yang  sebelumnya dikuasai Gampong Krueng Simpo, Kecamatan Juli, yang vaksinasi baru-baru ini hanya dihadiri 376 orang.

Besarnya minat warga Seuneubok Lhong yang berkalaborasi dengan gampong hasil pemekarannya, Kuta Meuligoe, menunjukkan betapa besar minat warga setempat untuk menjadi peserta vaksinasi yang digagas Puskesmas Jeumpa, hasilnya luar biasa.  Betapa tidak, jika selama ini, Kecamatan Jeumpa  “miskin” dari peserta vaksinasi dilaksanakan di gampong-gampong, maka pelaksanaan untuk memaksimalkan herd immunity masyarakat di Gampong Seuneubok Lhong tercapai, setidaknya bisa menutupi kegersangan peserta vaksinasi yang digelar selama ini di Kecamatan Jeumpa, atau setidaknya target pencapaian target, mulai meningkat yang tentu saja, kepala puskesmas setempat, pun bisa tersenyum lega.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Jeumpa, Nana Dhiana, SKM yang didampingi Ketua Vaksinasi puskesmas setenpat, Sukmawati, SKM kepada media ini, menyebutkan tidak mennyangka jika peserta vaksinasi  yang hadir membludak seperti itu. Sehingga para vaksinator dan tenaga kesehatan harus bekerja ekstra keras sampai menjelang magrib, untuk dapat melayani masyarakat yang ingin divaksin.

Selama ini, timnya yang turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi di gampong-gampong, tidak seramai yang disaksikannya.Tentu saja, Gampong Seuneubok Lhong merupakan yang terbesar, yang  tentu saja, ini merupakan  record tertinggi, dari segi jumlah orang yang divaksin,” unkapnya,

Hal ini, diakui Camat Jeumpa, Erry Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si  yang diakuinya vaksinasi yang digekar di Gampong Seuneubok Lhong yang terbanyak pesertanya, jauh melebihi gampong lainnya di kecamatan yang dipimpinnya. Pihaknya mengaku gembira dan bangga dengan warga Seuneubok Lhong dan Kuta Meuligoe  dan sekitarnya yang ikut vaksin, yang sangat antusias mengikuti program yang dicanangkan pemerintah.”Di luar dugaan memang, yang ternyata begitu banyak warga yang ingin divaksinasi jenis Sinovak.” Ujar Camat Erry.

Geuchik Seuneubok Lhong,  Sudirman Ismail, S.Com yang didampingi Geuchik Kuta Meligoe, Zubir Murni mengatakan, salut dengan kepatuhan dan kesadaran warganya yang ikut dakam vaksinasi. Awalnya diakui Geuchik Sudirman, merasa was-was akan kehadiran warganya dalam vaksinasi yang dicanangkan itu.

Ternyata, kekuatirannya menjadi sirna setelah melihat jika warganya secara bergelombang dan beramai-ramai mendaftarkan diri untuk divaksin, kendati diantaranya gagal ikut serta dengan alasan kesehatan. Membludaknya, warga yang memenuhi poskesdes menjadikan petugas keamanan dari Babhinkamtibmas, Babinsa, petuga covid desa, plus perangkat gampong, nyaris kewalahan menghadapi membludaknya warga yang keburu ingin divaksin.

Sumber yang diperoleh media ini, menunjukkan vaksinasi yang dipusatkan di Poskesdes dihadiri  mayoritas warga Seuneubok Lhoeng, yang disusul warga Gampong Pemekaran Seuneubok Lhong, yaitu  Kuta Meuligoe, yang menghadirkan 54 orang,  dan dari beberapa gampong lainnya.

Puskesmas Jeumpa dalam vaksinasi tersebut melibatkan, tiga  Vaksinatornya, masing-masing, Salyani, Amd (Bides Gampong Seuneubok Lhong), Nopianti (Bides Blang Seupeng), dan Fauziah, Amd, Keb (staf Puskesmas Jeumpa). Vaksinasi itu sendiri berakhir sekitar pukul 18.30 WIB, kendati sampai malam hari warga tetap berdatangan, namun tidak terlayani lagi, mengingat para Nakes telah usai masa tugasnya, kepada mereka diminta mendatangi Puskesmas Jeumpa, keesokan harinya. Dalam vaksinasi tersebut juga dipantau Camat Jeumpa, Kapospol Jeumpa, serta Dan Pos Ramil Jeumpa.

Berdasarkan catatan media ini, Vaksinasi yang digelar di desa yang terletak di kaki pengunungan itu, disebut sebagai vaksinasi yang paling sukses di Kecamatan Jeumpa. dan disebut sebagai pemecah record, dibandingkan gampong-gampong lainnya di Kabupaten Bireun. Sebelumnya, record tertinggi dikuasai Gampong Krueng Simpo, Kecamatan Juli dengan jumlah peserta vaksinasi tahap ke dua sebanyak 376 orang, dan pada tahap   pertama serbuan vaksinasi hanya meraup 300 orang Begitupun, kecamatan yang dipimpin Doli Mardian, masih  sebagai kecamatan di Kabupaten Bireuen  yang menduduki peringkat teratas dalam percepatan vaksinasi.(Maimun Mirdaz)

 

 

Pos terkait