Pemkab Labuhan Batu dan HIPMI Gelar Program Bursa Inovasi Desa 2018

LABUHANBATU | Bongkarnews.com – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama HIPMI melakukan kegiatan acara program inovasi desa, yang di adakan di Aula gedung Asrama Haji, Senin (29/10/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT beserta jajarannya, Kadis PMDK Zaid Harahap S.Sos, MM, Ketua Panitia Indra Firdaus SE, Camat, Kepala Desa, BPD, Insan Pers dan Tokoh Masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Plt Bupati mengatakan, inovasi merupakan kegiatan riset yang sengaja dilakukan untuk menerapkan suatu ide atau ilmu pengetahuan yang baru. Inovasi sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan dan program pemerintah, baik itu di tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa.

“Disetiap pertemuan, saya sudah beberapa kali menyampaikan bahwa kita semua yang bekerja di Pemerintahan dituntut untuk selalu berinovasi, buat ide-ide yang baru untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Labuhanbatu,” ujar Plt Bupati.

Bursa Inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.

Ketua panitia pelaksana Bursa Inovasi Desa Indra Firdaus SE menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu wadah pameran ide-ide dari masyarakat yang berkembang untuk pembangunan masyarakat di Desa itu sendiri, tujuannya adalah untuk membantu serta meningkatkan kualitas pembangunan desa melalui pertukaran ide. 

Adapun peserta pada kegiatan tersebut berasal dari 75 Kepala Desa se-Labuhanbatu dengan masing-masing pendamping yakni BPD dan tokoh masyarakat serta dihadiri oleh ketua tim dari 7 Kecamatan. Para Kepala Desa nantinya akan mengunjungi ruang bursa inovasi untuk memilih inovasi-inovasi yang cocok untuk diterapkan di setiap Desa di daerahnya.

Program inovasi desa tersebut dalam bidang Infrastruktur, bidang peningkatan sumber daya manusia, bidang kewirausahaan dan Ekonomi Lokal Serta kartu komitmen dan kartu ide dengan sertifikat.(Dara)

Pos terkait