Menkomarvest RI Launching Kegiatan Gernas BBI di Parapat

Parapat I bongkarnews.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI , Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso launching kegiatan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Jumat (12/11).

Bacaan Lainnya

Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya mengapresiasi OJK karena telah menyelanggarakan Germas BBI melalui festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toba Vaganza di Parapat dan juga memainkan peranannya sebagai akses mendanai pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Luhut menerangkan saat 64 juta kelompok UMKM tersebar di Indonesia dan pada tahun 2024 ditargetkan 32 juta UMKM diantaranya akan masuk di market on bording sehingga semua penjualan produk dapat dilakukan melalui digitalisasi.’Ini merupakan dukungan nyata bagi pelaku UMKM yang memiliki peranan penting sebagai tulang punggung meningkatkan ekonomi dalam keadaan susah saat ini,” ujar Luhut.

Luhut juga meminta kepada Ketua Dewan OJK menertipkan pinjaman-pinjaman ilegal yang dapat mencekik masyarakat dan khususnya para pelaku UMKM yang hemdak mengembangkan usahanya.

Ia menghimbau para pelaku UMKM dan seluruh masyaralat tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covod-19 karena pengendalian pandemi merupakan bagian yang penting dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi.

Kepala Dewan OJK Wimboh Santoso mengatakan tujuan pergelaran festival UMKM Toba Vaganza merupakan bentuk dukungan OJK dan seluruh jasa keuangan kepada pelaku UMKM di Indonesia sehingga bentul-betul menjadi penyokong ekonomi di Indonsia.

Disampiakannya sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan pemulihan ekonomi dan saat sebanyak 80 UMKM mengikuti Festival UMKM Toba Vanganza yang digelar di Medan dan kawasan Danau Toba.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mendorong permodalan UMKM melalui jasa perbankan melalui KUR kepada pelaku UMKM dengan suku bunga yang relatif rendah.

Dirinya berharap kehadiran OJK harus dapat menjadi berkah kepada pelaku UMKM dan berjanji produk UMKM dari kawasan Danau Toba go internasional beberapa tahun kedepan “Ini taget kita, beberapa tahun ke depan produk UMKM dari kawasan Danau Toba akan go internasional dan ini bukan sekedar pencintraan,” kata Santoso.

Acara dihadiri Anggota Komisi 11 DPR RI, Ketua DPRD Simalungun, .Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakilkan Pelaksana tugas ( Plt ) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut. Afifi Lubis, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupti Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Sohuoka S.I.P, Direktur PT BNI Sumut dan para undangan lainnya.(ep)

Pos terkait