Keluarga Besar Disdik Batubara Gelar Halal Bi Halal

  • Whatsapp

BATUBARA | bongkarnews.com – Ramadhan yang baru saja meninggalkan kita, sangat banyak mengandung dan memberikan pelajaran bagi kita. Ramadhan sebuah Madrasah yang mengajarkan kepada kita untuk menjadi hamba yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat menyampaikan sambutan di acara Halal Bi Halal keluarga besar Dinas Pendidikan bertempat di Aula Dinas Pendidikan Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, Rabu (11/05/22).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Kadisdik menyampaikan bahwa Puasa Ramadhan mengajarkan kepada kita untuk bersikap hati-hati terhadap keadaan, kita merasakan lapar, dahaga bahkan yang halalpun kita berusaha menjaganya untuk tidak melakukannya agar ibadah Ramadhan kita terjaga.

Kenafa berhati-hati, karena kita akan menghadapi musuh yang lebih besar. Usai ramadhan kita baru selesai melaksanakan jihad kecil dan kita akan menghadapi jihad yg lebih besar Yaitu Jihad hati. Dalam arti bukan mengangkat senjata melalinkan jihat dengan harta benda yang kita miliki, termasuk kelebihan yang Allah berikan kepada kita seperti pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi orang lain dalam berbuat kebaikan, papar Ilyas.

Dipenghujung Ramadhan menuju gerbang syawal bentuk pesan sosial yang dapat kita liat adalah berbondong-bondong melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah dan lainnya. Dengan pelaksanaan zakat fitrah dapat mempererat tali silaturahmi dengan semangat berbagi kepada kaum muslimin. Pelaksanaan zakat fitrah merupakan sarana komunikasi orang yang memberi kepada orang yang menerima, papar Mantan Karo Humas Keprotokolan Pemprovsu ini.

Al Ustad Abdul Latif dalam tausiahnya mengulas makna Halal bi Halal. Halal bi Halal merupakan tradisi yang berkembang secara turun temurun di masyarakat muslim yang dilaksanakan pasca hari raya idul fitri yang bertujuan mempererat silaturahmi dengan saling mema’afkan. Halal bi Halal juga memiliki makna yang cukup banyak seperti menyelesaikan masalah atau kesulitan, meluruskan benang kusut , mencairkan yang beku, termasuk membebaskan yang terbelenggu, menyambung silaturahmi yang terputus, papar Ustad Latif dengan ciri khasnya yang selalu diiringin candaguraunya.

Sebelumnya panitia pelaksana Rahmad Zein menyampaikan kegiatan Halal bi Halal keluarga besar Dinas Pendidikan ini bertemakan “Ererat silaturahmi dan tingkatkan profesionalitas kerja menuju pendidikan yang berkualitas”.

Pantauan awak media dilokasi kegiatan sepanjang tausiyah Ustad Latif suasana penuh dengan kegembiaraan selain candagurau Ustad, Ustad yang terus berjalan menngampiri jama’ah berpindah-pindah yang ini merupakan khas dari ustad Latif dalam setiap tausiyahnya sehingga suasana menjadi lebih akrab penuh kekeluargaan.

Hadir dalam kesempatan tersebut selain Kadisdik Ilyas Sitorus, Ustad Abdul Latif, Sekdis Darwinson Tumanggor, Kabid SD, Basrah, Kabid GTK Nurbaya, Kabid SMP Danil Gunawan dan Korwas, Korwil, Pengawas, Penilik, Kasi Kasubbag, Staf dilingkungan Disdik Batu Bara serta awak media yang berkesempatan bersama hadir.

(Sy)

Pos terkait