Kebahagiaan Masyarakat Sungai Raya Siempat Nempu Desanya Jadi Lokasi TNI Membangun Desa

Direncanakan kegiatan TMMD akan berlangsung selama 30 hari hingga 19 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Kepala Desa Sungai Raya Luat Darson Simanullang dalam Upacara Pembukaan TMMD ke-118 TA 2023 di Lapangan SD Negeri 037994 Juma Borno, Dusun Lae Borno, Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Rabu (20/9/2023).

“Kami Pemerintah Desa Sungai Raya sangat sangat bangga karena pemerintah meletakkan program TMMD di desa kami. Saya pikir, masyarakat juga sangat-sangat senang dengan pembangunan pembukaan jalan melalui program TMMD,” ucapnya.

Disampaikan Luat, kegiatan tersebut merupakan program pembangunan yang sangat strategis karena infrastuktur di Desa Sungai Raya tidak akan bisa dibangun jika hanya mengandalkan dana desa saja.

“Melalui kegiatan TMMD, maka telah dilakukan pembukaan jalan sepanjang 7,5 kilometer dengan rute Dusun Borno masuk ke Dusun Kuta Delleng terus ada daerah Barisan Umpal-umpal kemudian melewati Desa Gunung Meriah kemudian Dusun Sikurawung yang merupakan dusun terpelosok dari Desa Sungai Raya,” ucapnya.

Kata Luat, kondisi jalan sebelum dilakukan perbaikan sangat tidak bisa diakses petani yang mengakibatkan petani kesulitan untuk mengangkut hasil panennya serta dalam pengangkutan sarana dan prasarana ke ladang masing-masing.

“Dengan adanya pembukaan jalan ini, maka armada seperti kereta (sepeda motor) dan mobil sudah bisa masuk ke dalam untuk mengantar sarana dan prasarana pertanian serta hasil panen petani. Diharapkan pembukaan jalan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sungai Raya,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Maslan Boru Silaban (51) Warga Sikurawung Dusun 6 Sungai Raya.

Menurut Maslan, program TMMD, terutama pembukaan jalan, sangat membantu masyarakat yang ada di Desa Sungai Raya.

“Saya salah satu masyarakat yang punya lahan di Dusun Borno dan memang sudah lama tidak ada akses jalan ke ladang kami. Saat ini saya merasa bangga dan haru karena jalan sudah dibuka,” kata Maslan.

Saya, ucap Maslan, berterima kasih dan mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang diterima masyarakat Desa Sungai Raya.

“Saya mendukung seluruh program yang dilakukan Bapak Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Kodim 0206 Kabupaten Dairi. Saya berharap, desa-desa yang terpencil dapat menjadi desa yang semakin maju. Itulah doa dan permohonan kepada Tuhan. Semoga Tuhan mengabulkan doa kita dan memberkati jajaran pemerintah dan bapak-bapak angkatan terutama untuk membangun desa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Maslan juga menyampaikan pembukaan jalan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sungai Raya. Ia mengaku semakin giat bekerja dan bertani sejak adanya pembukaan jalan tersebut. Maslan berpesan agar masyarakat Desa Sungai Raya semakin semangat dalam bekerja dan mengembangkan pertaniannya, sehingga tercipta petani yang mandiri.

“Jalan sudah dibuka, maka semakin giatlah dalam bekerja dan jangan ada waktu untuk bermalas-malasan. Sehingga kita menjadi petani yang mandiri dan sejahtera,” ucapnya.

@BD.007

Pos terkait