Hasyim Pimpin Paripurna Penyampaian Nota Pengantar APBD 2020

MEDAN I bongkarnews.com-  Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi para Wakil Ketua DPRD pimpin Sidang Paripurna untuk mendengar penyampaian Nota Pengantar Pertanggungjawaban APBD TA 2020, di Gedung DPRD Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin (07/06/2021).

Dalam laporannya, Walikota Medan Bobby Nasution menjelaskan secara akumulatif, realisasi pendapatan Tahun 2020 tercatat mencapai Rp4,12 triliun lebih, yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,50 triliun lebih. Selain itu Pendapatan Transfer sebesar Rp2,47 triliun lebih dan pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp133,17 miliar lebih.

Bacaan Lainnya

Bobby juga menambahkan, untuk realisasi belanja tahun 2020, tercatat mencapai Rp 3,99 Triliun lebih. Yang terdiri dari, belanja operasi sebesar Rp3,51 triliun lebih, Belanja Modal sebesar Rp 308,27 miliar lebih dan belanja tak terduga sebesar Rp168,28 miliar lebih

“Realisasi Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2020 ini mencapai 86,63 Persen dari target yang ditentukan. Sedangkan realisasi belanja tahun anggaran 2020 mencapai 75,99 persen dari target anggaran yang ditetapkan,” kata Bobby Nasution.

Selanjutnya Walikota Medan menjelaskan, untuk transfer bantuan keuangan, realisasinya untuk tahun anggaran 2020 tercatat mencapai Rp1,80 miliar lebih. Kemudian realisasi pembiayaan secara akumulatif, penerimaan pembiayaan dengan catatan realisasi sebesar Rp504,09 miliar lebih dan pengeluaran pembiayaan dengan catatan realisasi sebesar Rp10 miliar.

“Berdasarkan hal tersebut, Silpa Tahun anggaran 2020 tercatat sebesar Rp622,43 miliar lebih,” ungkap Walikota Medan didampingi Wakil Walikota Aulia Rachman dan Sekda Kota Medan.

Pemko Medan tahun ini meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara. Tentunya prestasi ini dapat diraih berkat kolaborasi yang baik dari semua OPD sehingga  menciptakan Laporan keuangan Pemerintah Daerah yang akuntabel.

 “Walaupun masih ada kelemahan harus kita perbaiki demi mendapatkan laporan keuangan yang transparan, akurat dan akuntabel. Saya telah menginstruksikan seluruh OPD terus melakukan perbaikan berkelanjutan secara sistematik dan konsisten baik dari sisi pengelolaan keuangan maupun pengelolaan aset agar kesejahteraan masyarakat kota Medan terus meningkat,” kata Bobby.

Walikota Medan berharap Nota Pengantar ini dapat melengkapi keterangan dan penjelasan Pemko Medan kepada DPRD Kota Medan, sebagai pembahasan lebih lanjut dan  terima kasih kepada Ketua DPRD Hasyim pimpin Paripurna, Wakil Ketua DPRD dan seluruh Anggota DPRD Kota Medan.(ndo)

Pos terkait