Edi Suhartono : Perekrutan Badan Ad Hoc Dalam Pemilu Serentak 2024 Gunakan Sistem Online

MEDAN I bongkarnews.com-KPU Kota Medan menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan perekrutan Badan Adhoc, PPK, PPS dan penggunaan aplikasi SIAKBA pada Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Komisioner KPU Medan , Drs Edi Suhartono mengatakan rapat kordinasi aplikasi SIAKBA itu terkait rekrutmen penyelenggara PPK dan PPS pada Pemilu 2024 dimana sistem perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu serentak 2024 dengan sistem online.

Bacaan Lainnya

” Perekrutan Badan Adhoc, PPK dan PPS agak berbeda dengan sebelumnya. Nanti dalam perekrutan yang akan dibuka pendaftaran mulai tanggal 20 Nopember 2020 dengan menggunakan platform digital melalui aplikasi SIAKBA, “, ujar Edi yang juga Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM di Hotel Radison , Sabtu (19/11/2022).

Meskipun demikian, sambungnya, apabila terjadi sesuatu misalnya tidak ada jaringan ataupun sesuatu hal yang tidak memungkinkan bisa ke kantor KPU Kota Medan.

Dirinya berharap para camat dan lurah yang hadir dapat mensosialisasikan aplikasi SIAKBA kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat benar-benar memahaminya.

” Kita harapkan semua pihak untuk mensukseskan pemilu serentak yang bakal merekrut penyelenggara mulai dari PPK, PPA, KPPS dan tenaga pendukung lainnya , ” harap Edi.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Rahmadani Damanik dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan rapat koordinasi dengan mengundang camat dan lurah atau yang mewakili adalah sangat penting demi suksesnya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

” Contohnya dalam hal kantor untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) itu berada di kantor camat dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) berada di kantor lurah,” ujar Agussyah.

Disebutkan suksesnya pemilu harus didukung semua pihak, TNI,Polri dan juga pemerintah daerah dengan konkrit dalam pelaksanaan dan tahapan Pemilu Serentak tahun 2024.

“Tentunya perlu dukungan dari Kecamatan dan Kelurahan atau pemerintah daerah. Sebab yang pasti mengetahui betul para calon penyelenggara tersebut,” ujar Agussyah mengakhiri kata sambutan.

Dalam hal ini tampil sebagai narasumber, anggota KPU Medan divisi Parmas / SDM, Edi Suhartono, Kabag Tapem Pemko Medan , Andi Mario dan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI), Irfansyah Nasution.

Tampak hadir, perwakilan Kapolrestabes Medan , perwakilan Kapolres Pelabuhan Belawan, perwakilan Dandim 0201B/S Medan, perwakilan Kejaksaan Negeri Medan, Kabag Tapem Pemko Medan, Andi Mario serta Camat dan Lurah se- kota Medan. (ndo)

Pos terkait