Diresmikan Gedung PUPR  Kabupaten Bireuen

  • Whatsapp

Bireuen-Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si sejak, Rabu (23/3) meresmikian sekaligus mensyukuri siapnya Gedung  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bireuen yang sempat mangkrak  beberapa tahun lalu, yang setidaknya dapat dimafaatkan dalam program  kegiatan yang dinllai strategis.

Seperti diketahui public Bireuen, bahwa gedung PUPR yang dibangun sejak Bireuen dipimpin H Ruslan Daud mulai dibangun proyek tersebut. Namun gedung tersebut tak selesai dikerjakan dan dibiarkan mangkrak beberapa saat dan kebetulan Bireuen sedang mengalami masa suksesi, yang kebetulan HRD mengalami kekalahan waktu itu. Pimpinan pejabata Kabupaten Bireuen saat itu, dimenangkan H Saifannur, S.Sos –Dr H Muzakkar A Gani SH, M.Si yang saat itu tak terpikirkan untuk melanjutkan dua gedung besar di Kabupaten Bireuen, yaitu Gedung PUPR Kabupaten  Bireuen Dan Gedung DPRK Bireuen yang sampai saat ini pun masih belum jalan.

Bacaan Lainnya

Pembangunan Gedung PUPR dan Gedung DPRK Bireuen baru dikerjakan sejak Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi menjadi Bupati Bireuen mengantikan H Saifannur, S.Sos yang meninggal dunia waktu itu, sehingga harus digantikan wakilnya. Pejabat , Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si. hanya dapat menyelesaikan gedung PUPR  dan kebetulan Gedung DPRK hanya dapat membantu sesaat saja dan tidak sampai selesai sampai tahun 2021, hanya gedung PUPR yang nampak berdiri megah di tahun 2022, yang selesai dikerjakan tahun 2021.

Bupati Bireuen dalam amanatnya,  hanya  memanjatkan Puji serta syukur kehadirat Allah SWT, karena atas kehendak dan perkenan-Nya pada hari Rabu telah dapat berkumpul dalam rangka Syukuran dan Peresmian Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Program Kegiatan Strategis Kabupaten Bireuen dalam suasana yang aman.

PIhaknya mengatakan. suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi kita semua pada hari ini, dapat menghadiri acara Peresmian Kantor Dinas PUPR. Apalagi Perjalanan panjang pembangunan kantor Dinas PUPR terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak. Selain kantor Dinas PUPR, kami juga telah merencanakan Pembangunan Rumah Sakit (RS) Regional Bireuen sejak menjabat Asisten I Sekda Aceh.

Namun, karena berbagai sebab dan kendala hingga tahun 2019 belum terbangun. Saya yang kemudian dipercayakan mendampingi H. Saifannur S.Sos (almarhum) sebagai bupati, menerobos kembali kebuntuan program tersebut. Dan berkat kerja keras serta dukungan berbagai pihak, akhirnya pada akhir tahun 2020 RS Regional Bireuen diperoleh kepastian resmi dibangun di Desa Cot Buket, Kecamatan Peusangan. Harapan besar masyarakat Bireuen terhadap hadirnya sebuah RS Regional di kabupaten ini akhirnya terwujud dengan dilakukan peusijuek dan peletakan batu pertama pada Rabu, tanggal 13 bulan 10 tahun 2021.

Pembangunan RS Regional ini pun terwujud berkat dukungan berbagai pihak mulai dari almarhum                 H. Saifannur selaku Bupati, dukungan DPRA, DPRK, masyarakat Bireuen dan berbagai pihak lain serta peran penting Ketua Bappeda Bireuen, Muslim M.Si, yang turut menjumpai masyarakat pemilik tanah. Tahap pertama sudah dimulai dan dilanjutkan tahun 2022 sampai tuntas nantinya. Selain Kantor Dinas PUPR dan RS regional, pada tahun 2021 kami juga melanjutkan pembangunan gedung DPRK.

Bupati juga menyampaikan beberapa penghargaan yang diperolehnya,  seperti Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama, dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak RI katagori Pratama pada September 2021 dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Penghargaan sebagai kabupaten sangat inovatif dari Kementerian Dalam negeri dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2020, akhir Desember 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Piagam dan plakat penghargaan dari Menteri Keuangan RI karena Kabupaten Bireuen sudah tujuh kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Dan Pemkab Bireuen meraih penghargaan predikat kepatuhan standar pelayanan publik dengan kualifikasi kepatuhan berada pada zona hijau. Penghargaan diberikan  Ombusdman RI pada akhir bulan Desember tahun 2021. Bireuen merupakan salah satu kabupaten yang memenuhi standar tersebut dengan nilai kepatuhan 87,99.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri, Ketua DPRK Bireuen dan Anggota,Unsur Forkopimda Bireuen, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bireuen, Fadli Amir, ST, MT dan para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama,dan administrator Pemerintah Kabupaten Bireuen, Kepala BUMN, BUMD dan unsur Vertikal dalam Kabupaten Bireuen, serta para tokoh dalam Kabupaten Bireuen.Pada awalnya, turut memberikan sambutan masing-masing pengusaha Bireuen, H Mukhlis Takabeya, dan Asisten II Setkab Bireuen, Ir  jafar MM.(Maimun Mirdaz)

Pos terkait