Camat Silima Punggapungga Horas Pardede S.E Laksanakan Pengukuhan dan Sertijab 9 Kepala Desa Terpilih : “Kami dari Pemerintah sangat berharap Kepala Desa yang baru menjadi Sinar baru.”

DAIRI | bongkarnews com – Pesta rakyat telah usai dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa Kepala Desa baru telah dilantik Bupati Dairi Edy Kelleng Ate Berutu. Serah terima jabatan dari 10 Desa yang ikut dalam kontestasi Pilkades di Kecamatan Silima Pungga Pungga berlangsung pada hari ini Senin (27/12/2021) di aula Kecamatan Silima Pungga Pungga.

Serah terima berlangsung setelah Ketua BPD membacakan Berita Acara Serah Terima yang berisi catatan bahwa semua inventaris, Data Keuangan dan Berkas T.A 2021 sampai saat penandatangan berkas serah terima ini, belum dapat diselesaikan sebelum pemeriksaan (audit) Inspektorat, masih tanggung jawab kepala desa yang lama.

Bacaan Lainnya

Adapun yang di serahterima kan hanya kunci sepeda motor dan STNK inventaris desa saja. Berita Acara serah terima ini ditandatangani oleh BPD, Camat, Kepala Desa yang lama dan Kepala Desa baru, kemudian saksi-saksi yang terdiri dari Ketua LPM, tokoh masyarakat dan Sekdes. Kemudian menerima SK Pejabat Kepala Desa dari Camat Silima Silima Pungga Pungga.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah III Rudol Tamba dari Inspektorat yang mewakili Bupati Dairi. “Dalam kesempatan ini kami tegaskan, bahwa pelaksanaan APBDes T.A 2021 sejak Januari sampai hari ini, kami nanti akan datang untuk mengaudit. Masih tanggung jawab kepala desa lama”, jelas Tamba sambil meminta agar kepala desa yang lama segera menyiapkan semua dokumen administrasi terkait semua kegiatan pelaksanaan APBDes T.A. 2021 segera disiapkan.

Dan memberitahukan kalau pihak Inspektorat akan datang mengaudit di minggu pertama Januari 2022. Kepada Kepala Desa yang baru, Rudol Tamba meminta agar dapat merangkul seluruh masyarakatnya dan tetap bekerja sama dengan kepala desa yang lama. “Kalaupun ada perbedaan pendapat saat berlangsungnya Pilkades, itu hal yang biasa, rangkul lah seluruh masyarakat”, sebut Tamba.

Dalam sambutannya Camat Silima Pungga Pungga, Horas Pardede S.E mengapresiasi kehadiran kepala desa yang lama dalam Sertijab. “Sertijab itu sangat penting untuk dihadiri. Karena Sertijab ini menunjukkan bahwa saat pemerintahan kita telah berakhir, kita adalah pejabat yang baik, transparan dan bertanggung jawab. Dan ini adalah tugas terakhir saat tuntas menjabat Kepala Desa”, ujar Horas.

Horas Perdede juga mengucapkan terimakasih atas capaian yang sudah dilakukan Kepala Desa yang lama, sambil minta agar Kepala Desa lama tetap memberikan masukan masukan yang positif kepada Kepala Desa baru dalam membangun desanya menuju Dairi Unggul.

Kepada Kepala Desa baru, Horas Pardede meminta agar melaksanakan komitmen visi dan misinya dengan baik, dan menunjukkan kinerja yang baru dengan membangun desa lebih baik dari kepala desa sebelumnya. “Karena Kami dari Pemerintah ini pasti mendukung Bapak Bapak semua. Kenapa mendukung?, Karena kami dan saya sendiri ingin kecamatan kita ini menjadi Kecamatan terbaik. Otomatis Kepala Desa diwilayah kecamatan ini pasti akan saya dukung”, kata Horas Pardede dengan penuh semangat kepada Kepala Desa baru.

“Kami dari Pemerintah sangat berharap Kepala Desa yang baru menjadi sinar yang baru dan membawa cara pemerintahan yang baru. Mudah-mudahan ini menjadi berkat dan amanah bagi kita semua”, pungkas Horas Pardede menambahi kepada Kepala Desa yang baru terpilih dan sudah dilantik oleh Bupati Dairi.

Dalam kesempatan itu, setelah Sertijab selesai dilakukan, dilakukan acara tambahan. Dimana seluruh Kepala Desa lama mendapat Piagam penghargaan dari Kecamatan Silima Pungga Pungga. Piagam ini diberikan yang didasari oleh apresiasi dari Kecamatan atas kinerja yang telah dilakukan selama melaksanakan jabatan kepala desa. “Piagam Penghargaan ini janganlah dilihat dari kertasnya saja. Namun jadikan lah ini sebagai kenangan terindah, yang bisa ditunjukkan ke anak cucu nantinya”, jelas Horas Pardede kepada seluruh Kepala Desa lama.

Horas Pardede ditemani 8 orang yang terdiri dari unsur Forkopimca, Kapolsek, Danramil, Inspektorat, BPD dan tokoh masyarakat yang hadir secara bersamaan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kepala Desa lama.

Acara Sertijab Kepala Desa ini berlangsung lancar dan tetap dengan ketat melaksanakan protokol kesehatan. Seluruh undangan yang hadir diwajibkan menggunakan masker.

Tampak hadir dalam acara Sertijab seluruh unsur Forkopimca, Inspektorat mewakili Bupati, BPD dan Ketua LPM Desa yang bersangkutan, Aparat Desa dan Tokoh masyarakat.

(BD.007)

Pos terkait