Bupati Bertemu jajaran Kemenkop UKM; Dairi Peroleh Anggaran untuk Pusat Layanan Usaha Terpadu KUKM 2022

  • Whatsapp

DAIRI | bongkarnews.com – Dalam rangka mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional (PEN) dari sektor Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM)di kabupaten Dairi, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melakukan kunjungan pembicaraan ke jajaran Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta pada Rabu (6/10/2021).

Kehadiran bupati diterima oleh Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM, Ir. Arif Rahman Hakim M.S, Sekretaris Deputi Bidang Perkoperasian, Ir. Devi Rimayanti M.M, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Drs. Talkah Badrus M.M, dan Ginda Pandapotan Siregar S.H M.A, Kepala Bidang Sinkronisasi Kebijakan Kewirausahaan..

Bacaan Lainnya

Usai pertemuan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu pentingnya pembahasan pengembangan KUMKM baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), maupun sarana dan prasarana KUMKM bagi kabupaten Dairi,

“Kami membahas upaya peningkatan daya saing kelembagaan koperasi dan UMKM di Dairi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMKM Dairi,” sebut bupati.

Salah satu tantangan utama dalam peningkatan pembangunan adalah peningkatan kapasitas SDM dan masih  belum memadainya sarana, prasarana dan infrastruktur pendukung.

Dalam pembicaraan ini usulan Pemkab Dairi untuk membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu KUKM (PLUT-KUKM) disetujui oleh Kementerian KUKM dengan menyediakan anggaran yang  bersumber dari APBN untu TA 2022 sebesar Rp 7,5 milliar, ditambah anggaran untuk Peningkatan Kapasitas SDM dan lembaga Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil sebesar Rp 404,2 juta.

Kita berharap fasilitas ini menunjukkan keberpihakan Bupati Dairi kepada Usaha Mikro dan Kecil yang banyak ditekunj masyarakat Dairi demi mencapai Dairi unggul yang mensejahterakan masyarakatnya.

PLUT-KUMKM ini, kabupaten Dairi dimaksudkan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, serta jangkauan pemasaran produk unggulan Dairi seperti Kopi, Ulos, Fashion dan Souvenir, produk pertanian dan olahan-olahan pertanian dan usaha mikro di Dairi.

(BD.007/int)

Pos terkait