Aksi Solidaritas Wartawan Dairi Minta Polri Tangkap Pelaku Pembunuh Wartawan Marsal Harahap

  • Whatsapp
DAIRI | bongkarnews.com – Komunitas Wartawan Kabupaten Dairi lakukan aksi unjuk rasa meminta penegak hukum dalam hal ini Kapolda Sumut dan Kapolri untuk segera menangkap pelaku pembunuh wartawan Mara Salem Harahap yang akrab disapa Marsal yang terjadi di Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun. Aksi dilakukan didepan Mapolres Dairi Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (23/6/2021).

Dengan membawa sepanduk yang telah dibubuhkan tanda tangan serta bertuliskan “Aksi Solidaritas Wartawan Dairi Usut Tuntas Pelaku Pembunuh Marsal Harahap” para wartawan berjalan kaki menuju Mapolres Dairi.

Aksi wartawan secara spontan tersebut, diterima langsung Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK, M.H serta Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono S.H, Wakapolres Dairi Kompol David P Silalahi S.H dan sejumlah jajaran Polres Dairi.

Bacaan Lainnya

example banner

Dalam orasinya, koordinator aksi Rudi Anto Sinaga menyampaikan, bahwa aksi solidaritas yang dilakukan secara spontan untuk meminta dan memberi dukungan Kapolda Sumut dan Kapolri, segera mengusut tuntas kasus penembakan yang dialami oleh wartawan Marsal Harahap.

“Aksi kita merupakan aksi spontan solidaritas wartawan Dairi, untuk seruan tangkap pelaku penembak Marsal Harahap wartawan di Simalungun”, sebut Rudi.

“Aksi ini sekaligus Aksi damai mengecam keras pelaku kriminalisasi terhadap awak media dalam peliputan berita”, tambahnya.

Dijelaskan Rudi, aksi yang digelar secara santun dan tetap pada koridor peraturan, menerapkan protokol kesehatan (Prokes) serta tidak menyinggung perasaan siapapun, tidak mencederai UU Pers No. 40 Tahun 1999.

Sementara Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK, M.H menyampaikan ucapan terimakasih atas aksi yang dilakukan para wartawan, karena ini akan menjadi semangat dan vitamin/suplemen bagi Polda Sumut dan penyidik untuk mengungkap kasus ini.

“Aksi dukungan ini akan kami sampaikan ke pimpinan kami dan penyidik yang menangani kasus ini. Sehingga bisa menjadi semangat dan suplemen dalam mempercepat penanganan kasus ini. Mari kita doakan supaya kasus ini cepat terungkap”, sebut Ferio.

“Kami juga turut berduka cita kepada keluarga besar wartawan dan keluarga almarhum, kiranya Tuhan memberikan kekuatan serta penghiburan kepada keluarga almarhum Marsal Harahap”, ungkapnya.

Disebutkan Kapolres, bahwa Kapolda Sumut juga telah fokus dan serius menangani kasus penembakan yang dialami salah seorang wartawan di Simalungun dengan membentuk tim khusus, untuk mengungkap kasus tersebut.

“Kami juga minta doa dan dukungan agar kasus ini cepat terungkap”, kata Ferio seraya mengatakan, bila ada rekan-rekan wartawan yang mengalami intimidasi dan masalah lainnya Polres Dairi membuka diri untuk mencari jalan keluar. Bila intimidasi itu sifatnya membahayakan, akan disesuaikan dengan hukum yang berlaku.

(BD.007)

Pos terkait