Warga Kelurahan Belawan I Gelar gotong Royong

Medan,BN- Semangat gotong royong yang selalu digelorakan  Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  dalam setiap kesempatan tampaknya mulai ditindalanjuti  oleh masyarakat. Dengan penuh kesadaran,  perlahan-lahan masyarakat mulai  menjadikan gotong royong sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dilakukan ratusan  masyarakat yang bermukim di Lingkungan VI, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan. Baru-baru ini mereka melaksanakan gotong royong di seputaran Kampung KB. Dengan penuh semangat, warga pun saling bahu-membahu membersihkan lingkungan, terutama parit yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Sebelum dilaksanakan gotong royong, kondisi parit yang ada sangat memprihatinkan. Selain mengalami sendimentasi, permukaan parit juga ditutupi sampah. Tak pelak kondisi ini membuat parit yang berfungsi sebagai  penampung debit air pada saat hujan deras pun tidak berjalan. Akibatnya, air pun melimpah dan acapkali menggenangi jalan   maupun rumah warga.

Untuk mengantisipasi hal itulah, warga bersama jajaran Kecamatan Medan Belawan pun menggelar gotong royong.Dengan  menggunakan peralatan manual seperti cangkul, penggaruk dan sekop, mereka pun melakukan pendalaman dengan mengorek lumpur dari dasar parit maupun sampah yang menutupi permukaan parit.

Gotong royong ini dilakukan mulai pagi hingga menjelang tengah hari.  Berkat kerjasama warga dengan aparat Kecamatan Medan Belawan tersebut, parit yang semula dipenuhi sampah dan lumpur kini tampak bersih. Bersamaan itu pun air parit perlahan-lahan mulai mengalir. Warga pun berharap  gotong royong yang dilakukan ini dapat meminimalisir genangan air yang selalu terjadi setiap kali hujan deran turun.

Camat Medan Belawan, Ahmad  mengatakan, gotong royong yang dilakukan ini merupakan aplikasi dari keinginan Wali Kota yang ingin menjadikan warisan leluhur nenek moyang ini menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, pagi ini kita bersama ratusan masyarakat melaksanakan gotong royong untuk menindaklanjuti harapan Bapak Wali Kota. Sebab, beliau dalam setiap kesempatan  selalu mengajak sleuruh lapisan masyarakat bergotong royong.  Dengan semnagat gotong royong, beliau optimis  seluruh wilayah yang ada di Kota Medan bisa menjadi lebih bersih dan baik lagi ke depannya,” kata Ahmad.

Untuk itulah Ahmad menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah ikut dan mendukung penuh pelaksanaan gotong royong tersebut.  Dia berharap  gotong royong yang dilakukan ini dapat menginspirasi dan memotivasi warga lainnya, terutama yang bermukim di kawasan Medan Belawan untuk  bergotong royong membersihkan lingkungannya masing-masing.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat semakin termotivasi untuk melaksanakan gotong royong.  Insya Allah dengan gotong royong ini, kawasan Medan Belawan akan lebih bersih lagi dan masyarakat dapat merasakan hasil dari gotong royong yang dilakukan,” ungkapnya. (ft)