Warga Bungaraya Resah,Oknum Tak Bertanggung Jawab Gunakan Strum Accu Tangkap Ikan

SIAK (BN)- Kelakuan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan cara di Setrum Accu di Parit Persawahan Kampung Jayapura C2 perbatasan dengan C4 Kampung Buantan Lestari, Kecamatan Bungaraya, membuat masyarakat Kecamatan Bungaraya resah, khususnya masyarakat yang peduli dengan lingkungan alam di sekitarnya.

“Kami sebagai warga Bungaraya sangat resah dengan adanya oknum tak bertanggung jawab yang menyetrum ikan di paret persawahan perbatasan C2 Kampung Jayapura dengan C4 Kampung Buantan Lestari tadi pagi,”ungkap Prio (30) kepada Bongkarnews.com, Selasa (13/02/2018).

Prio juga mengaku sangat menyesalkan perbuatan oknum ini, karena seperti dibiarkan begitu saja oleh pihak terkait, untuk itu ia berharap, pihak berwajib bisa menindak pelaku tersebut agar jera dan untuk pembelajaran yang lainnya.

“Akibat perbuatan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab menyetrum ikan di daerah kita ini, membuat ikan di daerah kita yang dulunya melimpah menjadi punah, sehingga kita yang hobinya Fishing terpaksa harus jauh-jauh kedaerah lain untuk melepaskan tagih memancing, salah satunya di Langgam Pelalawan,”jelasnya.

“Kita berharap para pelaku penyetruman ikan harus ditindak tegas oleh pihak kepolisian, agar mereka ada jera dan tidak merusak ekosistem perairan di lingkungan kita,”imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua Persaudaraan Pemancing Riau (PAPER) Tonny Andre mengatakan bahwa, kegiatan penyetruman ini kalau bisa jangan terjadi, karena ini dapat berpengaruh pada ekosistem perairan, dan itu dapat merusak  populasi ikan secara keseluruhan, dan juga berefek pada perekonomian warga tempatan.

“Untuk perda nya sebenarnya sudah ada dimasing masing daerah, cuman mungkin implementasinya kemasyarakat yang masih kurang, untuk itu perlu sekali sosialisasi kepada masyarakat secara berkala, baik dari pemerintahan desa ataupun dinas terkait , supaya tidak meraja lela kegiatan setrum acce atau meracuni ikan ini. Kita berharap pihak terkait bisa menindak pelaku agar tidak terulang lagi kegiatan penyetruman ikan ini,”harapnya.

Sementara itu Kapolsek Bungaraya AKP Zulkifli Ahmad melalui Kanit Reskrim Bungaraya IPDA Amrin Simanjutak ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, pihaknya akan menindak lanjuti masalah ini, dan akan segera mencari pelaku.

“Terima kasih atas informasinya, anggota sudah saya suruh turun ke TKP untuk mengkroscek dan segara mengamankan pelakunya. Kita berharap kepada masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga lingkungan kita, dan apa bila ada hal-hal yang mencurigakan atau meresahkan masyarakat, agar dapat melaporkan kepolsek untuk ditindak lanjuti, karena kita menginginkan daerah kita ini selalu kondusif,”tegasnya . (Sugianto))

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas