Walikota Siantar Ajak Masyarakat Bersinergi Sukseskan Program Bangga Kencana

  • Whatsapp

SIANTAR I bongkarnews.com- Masyarakat Kota Pematangsiantar diajak untuk bersinergi demi menyukseskan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Sebab keluarga merupakan tempat pertama yang harus dibenahi. Sehingga seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM, di acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bangga Kencana Tahun 2021, di Convention Hall Siantar Hotel, Rabu (31/3/2021) pagi. Dikatakan Hefriansyah, Program Bangga Kencana di Kota Pematangsiantar sebelumnya telah banyak menorehkan prestasi. Sejarah mencatat Kota Pematangsiantar pada dekade terakhir telah berhasil meraih Manggala Karya Kencana yang merupakan prestasi tertinggi di bidang Keluarga Berencana (KB).

Bacaan Lainnya

example banner

Anugerah Manggala Karya Kencana, katanya, merupakan penghargaan yang diberikan kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi, yang telah melakukan inovasi dan karya yang menonjol dan bermanfaat terhadap Program Bangga Kencana dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

“Saya berharap Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana terus eksis dalam peningkatan berbagai pelayanan, terkhusus saat ini di bidang pelayanan Bangga Kencana di Kota Pematangsiantar,” terangnya.

Masih kata Hefriansyah, di tahun 2020 Kota Pematangsiantar juga telah meraih peringkat ketiga tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam pelayanan Sejuta Akseptor. Dengan beragam prestasi yang diperoleh, diharapkan dapat terus dipertahankan dan tetap mengutamakan pelayanan prima di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mengajak masyarakat berperan serta untuk dapat terus bersinergi mendukung suksesnya program Bangga Kencana yang berkesinambungan di Kota Pematangsiantar. Sebab keluarga menjadi tempat pertama yang harus dibenahi. Seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan,” jelasnya.

Dilanjutkan Hefriansyah, suami, istri, dan anak harus senantiasa dapat hidup rukun serta mampu berusaha menciptakan keluarga yang harmonis. Anak harus mendapatkan perlindungan dan pendidikan yang layak, dan kekerasan dalam rumah tangga harus dihindarkan. Serta gizi yang cukup mendukung kesehatan, harus menjadi prioritas utama dalam menciptakan keluarga kecil sejahtera.

Hefriansyah mengimbau instansi terkait, stakeholder, serta kader dapat saling menompang untuk mensukseskan program KB di Kota Pematangsiantar, sembari berharap pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dapat segera berlalu.

“Tak lupa juga saya mengajak seluruh kader KB dan petugas di lapangan dalam menjalankan pelayanan tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang diamanahkan oleh pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hefriansyah juga menyampaikan Pendataan Keluarga Nasional akan dilaksanakan mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

“Saya berharap program Pendataan Keluarga Nasional ini nantinya dapat berjalan lancar tidak kekurangan satu apapun,” tukasnya, seraya berharap seluruh peserta Rakerda dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan seksama dan sebaik-baiknya demi kesuksesan Program Bangga Kencana di Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakerda Program Bangga Kencana Kota Pematangsiantar Drs Julham Situmorang MSi menjelaskan, Program Bangga Kencana yaitu program peningkatan ketahanan keluarga, balita, dan anak; ketahanan remaja; dan ketahanan lanjut usia; serta pemberdayaan ekonomi keluarga di bidang kependudukan, yang meliputi kegiatan kerja sama pendidikan, kependudukan, pemanduan kebijakan pengendalian penduduk, serta analisis dampak kependudukan.

Di bidang KB, sambungnya, meliputi program dan kegiatan peningkatan akses serta kualitas pelayanan kontrasepsi yang merata di seluruh wilayah dan fasilitas kesehatan. Juga
gerakan pelayanan KB di wilayah kumuh dan miskin, serta kegiatan di bidang kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur.

Secara umum, katanya lagi, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kota Pematangsiantar berkomitmen mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang. Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 yang mengurangi pergerakan dan pelayanan, namun tidak menurunkan semangat para pejuang KB untuk mencapai sasaran Program Bangga Kencana dengan menerapkan strategi dan upaya efektif serta berkolaborasi dengan stakeholder dan mitra kerja.

Turut hadir, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut Drs Sahidal Kastri MPd,
Kabid P2KB Provinsi Sumut Drs Koni Ismail Siregar, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah Br Hutabarat, Kepala Dinas P2KB Kota Pematangsiantar Drg Rumondang Sinaga Mars, para lurah se-Kota Pematangsiantar, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mardiana SH,
tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. (ep)

Pos terkait