Wali Kota Lepas 2.000 Peserta Sepeda Nusantara 2018

Medan  | Bongkarnews.com- Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  melepas  peserta Sepeda Nusantara 2018 di Jalan Pulau Pinang Medan, Minggu (29/7).  Sebanyak 2.000 masyarakat maupun komunitas sepeda yang ada di Kota Medan mengikuti  event bersepeda yang merupakan gawean Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora)  Republik Indonesia tersebut. Selain mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, terutama bersepeda, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka untuk mendukung sukesnya Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Pelepasan peserta dilakukan Wali Kota bersama Menpora diwakili Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI  Drs Imam Gunawan MAP. Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ikut serta bersamaseluruh peserta menggowes mengikuti rute yang telah ditetapkan.

Diawali start dari  Jalan Pulau Pinang, para peserta selanjutnya bergerak menuju Jalan Gatot Subroto, Iskandar Muda, S Parman, Patimura, Mongonsidi, Juanda, Brigjen Katamso, Pemuda, Balai Kota serta finish kembali di Jalan Pulau Pinang. Selain bersepeda, event ini juga dimeriahkan dengan sejumlah permainan tradisionil seperti enggrang, terompah raksasa, galasin serta bola tangan.

Tidak hanya Kota Medan, Kemenpora menggelar Sepeda Nusantara di 70 kabupaten/kota  dari 34 provinsi se-Indonesia. Event ini telah digelar sejak 13 Mei 2018 dan berakhir 18 November mendatang. Tema  Sepeda Nusantara yang diusung masing-masing kabupaten/kota berbeda-beda, Kota Medan sendiri mengusung tema, “Nusantara Medan Rumah Kita”.

Antusiasme masyarakat dan komunitas bersepeda sangat tinggi atas event Sepeda Nusantara 2018. Sejak pagi mereka telah berkumpul di seputaran Lapangan Merdeka menunggu detik-detik pelepasan dilakukan. Selain ingin menyalurkan hobi bersepeda, mereka juga tertarik dengan hadiah yang  disediakan bagi. Di samping sejumlah sepeda, satu unit sepeda motor disediakan sebagai hadiah utama.

Usai melepas peserta, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora karena memilih Kota Medan menjadi salah satu tempat digelarnya event Sepeda Nusantara 2018. Dikatakannya, pecinta sepeda di ibukota Provinsi Sumatera Utara cukup banyak, setiap pekan kegiatan sepeda sering digelar.

Oleh karenanya, jelas Wali Kota, penunjukan itu tidak disia-siakan.  Wali Kota langsung menginstruksikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dapat menggelar Sepeda Nusantara 2018 dengan sebaik-baiknya. “Saya minta agar Sepeda Nusantara 2018 ini sukses seperti ketika kita menggelar  Gowes Sepeda Nusantara 2017 yang juga gawean Kemenpora dan diikuti ribuan peserta,” kata Wali Kota.

Melalui event ini, Wali Kota berharap semakin meningkatkan gairah masyarakat untuk berolahraga, teruma bersepeda. Pemko Medan, ungkapnya, tak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk berolahraga melalui Car Free Day (CFD) setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka Medan.

“Melalui CFD, kita memberikan ruang kepada masyarakat untuk berolahraga.  Selain melengkapi Lapangan Merdeka dengan sejumlah peralatan olahraga, kita juga rutin melaksanakan senam jantung sehat yang manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Di samping itu sejumlah ruas jalan kita tutup sehingga masyarakat bisa menggunakannya untuk jogging, bersepeda maupun bermain sepatu roda,” ungkapnya.

Sedangkan   Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora mengatakan, Sepeda Nusantara  merupakan program olahraga yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga. Tidak hanya bersepeda, masyarakat juga diajak untuk berolahraga lainnya.

“Di samping mengajak masyarakat berolahraga, kegiatan ini kita gelar untuk mendukung suksesnya Asian Games dan Asian Para Games 2018, sebab kita (Indonesia) menjadi tuan rumah. Untuk itu mari kita dukung dan sukseskan kedua kegiatan olahraga internasional tersebut,” ujar Imam Gunawan.

Selain permainan bola tangan, Sepeda Nusantara juga dimeriahkan dengan hiburan musik dan dipungkasi dengan pemberian hadiah melalui lucky draw.  Untuk hadiah utama berupa satu unit sepeda motor, penarikannya dilakukan Wakil Wali Kota. Seorang ibu rumah tangga yang bermukim di kawasan Sukaramai mendapatkan hadiah tersebut. (ft)