Sitename

Description your site...

Terkait Serangan Hama Padi Di Bungaraya, Kadis Pertanian Dan Holtikural Siak Bersama Petani Lakukan Semprot Massal

Terkait Serangan Hama Padi Di Bungaraya, Kadis Pertanian Dan Holtikural Siak Bersama Petani Lakukan Semprot Massal

SIAK (BN)- Untuk mencegah dan mengendalikan hama wereng yang menyerang tanaman padi milik petani Bungaraya, Dinas Pertanian dan Holtikultural Siak melakukan semprot hama secara massal dan melakukan sosialisasi kepada petani untuk penanggulangan dan pengendalian hama wereng.

“Pada musim tanam (MT) April-September 2017, sekitar bulan April – Juli 2017 telah terjadi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada pertanaman padi di Kecamatan  Bungaraya. OPT yang menyerang tanaman padi tersebut antara lain, Tikus, Wereng Batang Coklat (WBC), Penggerek Batang (PB), & Blast/Neck Blast (penyakit patah leher),” kata Kadis Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Siak Budiman Safari kepada BongkarNews.Com, Senin (31/7).

Lanjut Budiman mengungkapkan  bahwa areal tanaman padi yang diserang oleh hama tikus meliputi 4 Kampung Kampung, diantaranya  Kemuning Muda, Bungaraya, Jayapura dan Tuah Indrapura. Sedangkan Areal tanaman padi  yang diserang oleh hama WBC ada di lima kampung, yakni  Kemuning Muda, Bungaraya,  Tuah Indrapura, Jatibaru dan Langsat Permai.

” Sementara itu,serangan hama PB terjadi di areal Kampung  Jatibaru,  sedangkan serangan Penyakit Blast terjadi di Kampung  Jayapura. Untuk menghadapi serangan 4 jenis OPT tersebut, berdasar kepada hasil pemantauan dan pengamatan  Petugas Pengamat Hama & Penyakit dilapangan, maka masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani di wilayah yang terserang hama tersebut bersama-sama dengan Petugas Distan & PPL di lapangan segera melakukan tindakan pengendalian, sehingga  kerusakan tidak sampai meluas dan  hanya terjadi pada spot-spot yang terserang saja,”jelasnya.

Budiman berharap, dengan diadakan penyemprotan hama secara massal dimasing-masing Kampung dengan jadwal yang sudah ditentukan, dan dilakukan pembinaan-pembinaan kepada petani untuk penanggulangan hama ini, semoga tanaman padi milik petani bisa aman dan dapat dipanen pada waktunya.

“Pola pengendalian yang telah kita lakukan bersama petani yaitu dengan cara  Pengendalian swadaya oleh petani pada lahannya masing-masing, selanjutnya pengendalian spot-spot yg terserang dan yang terahir Gerakan Pengendalian (Gerdal) secara massal, untuk mencegah meluasnya serangan OPT tersebut, khususnya ke areal yang belum terkena serangan hama,”pungkasnya. (Sugianto)

banner 468x60