Terduga Penyebar Berita Hoax Diamankan Dirkrimsus Polda Sumut

Medan-BN.

Terduga pelaku penyebar berita Hoax (bohong), terkait serangan teror ke Mapoldasu Sumut beberapa waktu lalu akhirnya diamankan Tim gabungan Subdit 2 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, terduga pelaku SH (31) warga Dusun 3 Desa Tadukan Raga gang Teratai No. 245 Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, ditangkap tim gabungan. Diantaranya Subdit 2 Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut,  Subdit 3 Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, dan Satuan Reserse Kriminal Polres Polres Deli Serdang.

“Pemilik akun penyebar berita bohong di Facebook atas nama ‘Surya Hardyanto’ ditangkap di rumahnya, Minggu (2/7), sekitar pukul 19.30 WIB,” kata Kombes Pol Rina, Senin (3/7).

Rina menjelaskan, dalam posting-an, dia menyatakan kejadian di Mapolda Sumut itu terkait hutang piutang dan korban serta pelaku sama-sama non Muslim adalah tidak benar. Kejadiannya murni karena aksi teror yang dilakukan oleh pelaku SP dan AR.

“Serangan yang dilakukan oleh kedua pelaku jelas aksi teroris. Karena pelaku penyerangan terafiliasi dalam organisasi Jamaah Anshar Daulah (JAD). Dalam posting-an tersebut jelas memutar balikan fakta,” jelasnya.

Rina juga menegaskan, dalam kasus ini, SH diduga melanggar Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 28 ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Thn 2008 tentang ITE. “Setelah diamankan, selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Nanti kita akan panggil saksi ahli bahasa dan saksi ahli pidana,” tegasnya.

Sementara dari hasil intrograsi awal pelaku menyebutkan, ia hanya mendegar berita masalah hutang piutang tersebut dari orang tua pelaku teror Mapoldasu kemudian ia menulis diakunnya.

(HZA)

 

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas