Sudirman Ismail: Kemukiman Paloh tidak Keberatan Pengurangan Siltap

  • Whatsapp

example banner

Bireuen- Beberapa desa dalam Kemukiman Paloh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen mengaku tidak keberatan dengan wacana pengurangan penghasilan tetap (Siltap) aparatur pemerintah desa, karena tergantung cara dalam menyikapinya, kata Sudirman Ismail, Kades Gampong Seuneubok Lhong, Sudirman Ismail, S.Com pada event, yang di Louching BUMG oleh Bupati Bireuen, Dr Muzakkar A Gani, SH, M.Si, Kamis (26/11).

Menurut Sudurman Ismail, cara menyikapi yang dimaksudkannya, mengingat kebutuhan yang mendesak pada pasca covid 19 dalam anggaran pemerintah kabupaten yang minus pada tahun 2021, karena ia punya keyakinan kebijakan pemerintah di tahun 2021, nanti akan memihak kepada masyarakat banyak. “Kalau kita pandai dalam memngelola dana desa, maka kita akan mengerti pentingnya keadaan yang mendesak yang wajib di pilah yang mana lebih penting untuk didahulukan,” ucap Geuchik Sudirman.

Bacaan Lainnya

example banner

Unrtuk itu, ia berharap semua gampong bisa mengembangkan potensi desa untuk bisa dijadikan pendapatan tambahan untuk penunjang penyelelanggaran pemerintah gampong, khususnya dalam hal jerih perangkat gampong, maka tidak ada lagi ribut masalah berkuranya jerih perangkat. “Singkat cerita, jangan mengharap apa yg bisa diberikan desa untukku, tapi pikirkanlah apa yg bisa kuberikan untuk desa. Apa yg kita tanam, itulah yang kita tuai,” pungkas Geuchik Seuneubok Lhong yang disambut aplaus undangan yang hadir.

Menurut Sudirman Ismail, Anggaran Desa sejak Ia menjabat Geuchik pada akhir tahun 2018, Tahun 2019 dari dana desa sebesar Rp. 752,675.000, yang dijabarkan untuk penyertaan modal BUMG Rp 343.000.000, dengan unit kegiatannya meliputi perternakan kambing Rp 100 juta pada tahun 2019, unit usaha jual beli hasil bumi 30 juta. Keuntungan BUMG tahun 2019 sebesar Rp 7.300.000, dari hasil jual beli hasil bumi, walau dengan angka yang kecil, dan begitupun pihaknya tidak patah semangat dalam mengupayakan lebih banyak lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena sebelumnya, terkendala tidak berani bertindak dalam mengelola anggaran.

Pada tahun 2020, dan unit usaha penggemukan sapi pada tahun 2020 senilai Rp 213.000.000. sedangkan sisa dana lainnya untuk penyelenggaraan pemerintahan gampong sebesar Rp 306.000.000, yang mencakup pembangunan gampong Rp 282.000.000, pemeberdayan Rp 50.000.000 dan Pembinaan masyarakat Rp 121.000.000, maupun BLT. Yang dijabarkan lebih besar kepada Bantuan lansung tunai dengan penerima manfaat 100 KK kepala keluarga dengan jumlah 355.000.000.

Lounching BUMG Maju Bersama milik Desa Seuneubok Lhong turut dihadiri Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si, Kadis PUPR, Fadli Amir, Kadis Pertanian, Muhammad Nasir, Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, M NasirMuhammad A Muttaqim, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Liza Rozanna, Kasatpol PP dan WH, Chairullah serta Kepala SKPK lainya, Camat Jeumpa, Tarmizi, ST dan unsur Forkopincam Jeumpa, Mukim Paloh, Anwar Thaleb dan berbagai elemnen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si mengemukan, keberadaan BUMG ini sejatinya bisa u menjadi penggerak ekonomi masyarakat gampong yang untuk itu, dituntut BUMG untuk terus berinovasi mengembangkan potensi kerakyatan. “Seperti halnya, yang dilakukan oleh BUMG Maju Bersama Gampong Seuneubok Lhong ini yang mengembangkan potensi Unit usaha peternakan kambing lokal, jual beli hasil pertanian dan penggemukan sapi,” tuturnya.

Dalam kajian, beranjak dari kondisi geografis, Gampong Seuneubok Lhong, Kecamatan Jeumpa, merupakan lokasi strategis untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan, yang pada umumnya mata pencaharian masyarakatnya, bertani, berkebun dan sambilan dalam memelihara untuk penggemukan sapi. “Selain itu, juga mempunyai 8 ha waduk penampungan air sawah yang cukup besar, berpotensi untuk dijadikan sebagai gampong wisata,” ujar Bupati Muzakkar

Bupati berharap , kepada gampong untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan BUMG dibidang lainnya. seperti wisata Waduk dan pertanian. Semoga potensi yang di kembangkan oleh BUMG maju Bersama, dapat berkembang dengan baik, sehingga pendapatan asli gampong dapat bertambah pula. “Pemerintah Kabupaten Bireuen menyambut baik atas Peresmian (Lounching) Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Maju Bersama, Gampong Seuneubok Lhong,” ucap Bupati Muzakkar.

Bupati Bireuen menyatakan komitmennya menanggapi keresahan masyarakat di empat desa dalam Kemukiman Paloh, menyusul rusaknya jalan induk di desa tersebut sekitar 2,5 Km, untuk itu bupati menjanjikan membangun jalan aspal hot mix tahun 2021, untuk tahap awal sepanjang 1 Km, yang tahun berikutnya akan dilanjutkan sesuai kondisi keuangan Pemkab Bireuen,

Sebelum louncing BUMG Maju Bersama, Bupati Bireuen, Penyerahan, alat paska panen pol treser dan mesin pompa air dari dinas pertanian Kabupaten Bireuen yang diserahkan langsung oleh BPK Bupati didampingi kadis pertanian Bireuen dan diterima oleh ketua kelompok yang diwakili geuchik Gampong Seuneubok lheung.Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si yang didampingi beberapa SKPK meninjau Waduk Lhok Batee, yang disebutnya sangat indah, dan menarik sihingga memiliki pontensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata alam, dan lainnya. Pemkab Bireuen, menyatakan keseriusannya untuk mendatangkan tenaga ahli untuk mendesain waduk tersebut untuk kelak menjadi tempat wisata halal yang dikelola dalam unit usaha BUMG Maju Bersama.

Diakhir sambutan Bireuen menyerahkan bantuan alat paska panen pol treser dan mesin pompa air dari Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen yang merupakan bantuan dari dinas pertanian setempat yang diterima Geuchik Gampong Seuneubok Lhong.(Maimun Mirdaz)

Pos terkait