SKPD, Camat dan Lurah Dimotivasi Tingkatkan Kinerja

example banner

Medan ,BN- Dalam upaya peningkatan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan, Walikota Dzulmi Eldin memberi arahan kepada jajarannya mulai dari Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah se Kota Medan.

Arahan yang disampaikan pada hari kedua pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kapasitas Camat dan Lurah Se-Kota Medan, Sabtu (21/10) lalu di The Hill Sibolangit sebagai bentuk motivasi Walikota Medan kepada seluruh pejabat strukturalnya.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan, Drs. Musaddad, Asisten Ekbang Qamarul Fattah, seluruh Kepala SKPD, Camat dan Lurah se Kota Medan.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan Walikota ketika memberi arahan kepada jajarannya yang kemudian dibantu oleh akademisi Dr. Muryanto Amin untuk dibuat pola dan rumusan sinkronisasi dan percepatan program guna mendorong kinerja Pemko Medan. Diantaranya infrastruktur Kota, kebersihan kota, layanan kependudukan, ketentraman dan ketertiban kota.

Untuk infrastruktur Kota, Camat dan Lurah harus ikut mendata dan memberi masukan infrastruktur jalan mana yang masih rusak di daerahnya agar segera dilakukan perbaikan oleh Dinas PU Kota Medan.

Demikian juga dengan sampah, Eldin yang ingin Kota Medan bebas dari masalah sampah menginstruksikan Camat dan Lurah untuk proaktif. Dengan dilimpahkannya kewenangan pengelolaan kebersihan ke Kecamatan dirinya ingin urusan persampahan bisa cepat teratasi, dengan memanfaatkan semua TPA yang dimiliki.

“Saya minta semua sampah harus sudah diangkut dari TPS ke TPA setiap malamnya, tidak lagi di pagi hari karena dapat menimbulkan kemacetan. Camat juga harus aktif mengawasi sampah di wilayah kerjanya. Nantinya setelah penambahan truk sampah tahun 2018 mendatang, Kecamatan diharap bisa lebih taktis dalam bekerja,” lanjutnya.

Dihadapan seluruh jajarannya Walikota meminta seluruh Lurah, Camat dan SKPD melakukan identifikasi setiap permasalah yang ada, lalu dilakukan pemetaan permasalahan untuk kemudian dilakukan sinkronisasi percepatan program kerja, terlebih Pemko Medan saat ini sudah memasuki triwulan akhir tahun anggaran.

“Saya sengaja mengumpulkan Lurah, Camat dan SKPD dalam satu forum seperti ini guna duduk bersama mencari solusi permasalahan disetiap lini. Di tempat ini tidak ada kesenjangan jarak antara Walikota dengan SKPD demikian juga Camat dan Lurahnya.

Disamping itu, Edin mengingatkan kepada jajarannya agar menghilangkan sikap-sikap arogansi ketika bertugas. “Jangan ada lagi arogansi-arogansi aparatur, sebab semuanya saling membutuhkan dalam membangun kota. Kita harus kompak, moment kebersamaan itulah yang penting dan harus kita jaga,” harapnya.

Ditambahkannya dalam gotong royong dan kegiatan sosial masyarakat lainnya juga harus melibatkan masyarakatnya, jangan hanya bergantung pada ASN ataupun P3SU nya.

Diakhir arahannya Eldin mengungkapkan bahwa kunci dari kesuksesan pembangunan suatu kota adalah aparaturnya. “Saya bisa apa kalau tidak ada kalian. Marwah Kota ada di kalian. Saya tidak akan segan-segan memberikan reward kepada Camat dan Lurah yang sungguh-sungguh bekerja berkontribusi dalam pembangunan kota,” tegasnya yang disambut riuh tepuk tangan peserta.

“Mulailah bekerja, tidak ada lagi waktu untuk berleha-leha, semua harus kerja, kerja dan bekerja. Munculkan tanggung jawab itu dalam diri kalian. Saya yakin kalian masih bisa berbuat yang terbaik bagi Kota Medan,” tutupnya.

Peningkatan Kapasitas Camat dan Lurah ini berlangsung selama 3 hari, 20-22 Oktober 2017. (ft)

 

EPAPER BONGKARNEWS