Seluruh Wilayah Siantar segera Disemprot Disinfektan Gunakan Mobil Pemadam Kebakaran

SIANTAR | bongkarnews.com – Seluruh wilayah Kota Pematangsiantar segera disemprot disinfektan. Penyemprotan yang bertujuan mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, rencananya menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Hal tersebut dikatakan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto SH dalam rapat Tim Koordinasi Antisipasi Penanggulangan Covid-19, di Ruang Data Kantor Walikota Pematangsiantar, Senin (23/3/2020).

Dalam kesempatan itu Kusdianto menerangkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sudah berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi Covid-19. Seperti melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi, sosialisasi, membagikan brosur, dan pembentukan Tim Penanggulangan Covid-19.

Upaya lainnya, mempertajam langkah-langkah dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Pematangsiantar. Lalu,
mengimbau Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengecek orang-orang luar yang masuk ke Kota Pematangsiantar di pintu-pintu masuk.

“Dan akan melakukan penyemprotan ke seluruh Kota Pematangsiantar menggunakan mobil pemadam kebakaran,” sebut Kusdianto.

Sedangkan Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga mengatakan, melalui rapat tersebut harus bisa diambil langkah-langkah konkret ke depan. Bila ada masalah, khususnya untuk anggaran, Timbul menegaskan pihaknya siap berkoordinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Pematangsiantar dr Ronald Saragih di rapat tersebut mengungkapkan, masih
banyak masyarakat yang tidak jujur untuk memeriksakan dirinya. Padahal yang bersangkutan baru pulang dari luar kota ataupun luar negeri. Selain itu, kata Ronald, pihaknya meminta bantuan TNI/Polri agar mendampingi petugas kesehatan saat menginformasikan penanggulangan Covid-19 ke masyarakat.

“Mengajak masyarakat untuk sesering mungkin mencuci tangan dan membersihkan tubuh selepas dari luar rumah. Lalu, memeriksakan diri secepatnya jika merasa demam, pilek, dan sesak nafas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangsiantar Drs Midian Sianturi mengharapkan segera disusun langkah-langkah yang harus segera dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Midian pun mengeluhkan sulitnya memeroleh bahan baku untuk penyemprotan disinfektan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *