Salurkan BLT Dana Desa ke Desa Lingga Raja II Bupati Dairi: Mari Gunakan Sebaik Mungkin

DAIRI | bongkarnews.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat masih terus disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi kepada masyarakat yang sangat membutuhkan khususnya kepada masyarakat desa yang terdampak ekonomi di masa Pandemi Covid-19. Kali ini penyaluran BLT Dana Desa dilakukan di Desa Lingga Raja II yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Lingga Raja I, Jumat, (22/5) yang dihadiri langsung Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya sebelum menyerahkan BLT Dana Desa tersebut mengatakan Pemerintah berusaha dan bekerja keras dalam menjaga masyarakat dari wabah Covid-19 yang sedang melanda saat ini, dengan tujuan agar masyarakat tidak mengalami kesulitan meski di masa Pandemi Covid-19 sedang terjadi.

Bacaan Lainnya

“Penyaluran BLT yang sedang kita laksanakan saat ini bukan suatu hal yang mudah, atas instruksi Presiden Jokowi demi membantu masyarakat yang mengalami kesulitan , bagi masyarakat yang kurang mampu , maka melalui Surat Edaran Menteri Pemerintah dan Desa dana desa dapat dipergunakan oleh Kepala Desa dalam memberikan bantuan langsung tunai tersebut,” ujar Eddy Berutu.

Namun dalam penyaluran dana BLT tersebut Bupati mengatakan harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah yang dapat menerima bantuan ini.

“Data warga yang menerima bantuan langsung tunai ini harus ditempelkan di lokasi yang dapat dibaca oleh seluruh warga dengan tujuan dapat mengetahui apabila ditemukan ada penerima yang tidak sesuai kriteria agar dapat dikoreksi,” ujar Bupati Dairi.

Selanjutnya Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan anggaran bantuan yang ada saat ini sangat terbatas, sehingga diharapkan bagi warga yang telah menerima bantuan BLT nantinya dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dairi sangat mengapresiasi atas kerja keras yang dilakukan oleh Kepala Desa sehingga warga Desa Lingga Raja II memperoleh BLT Dana Desa tersebut.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu tidak lupa menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Beliau mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta memakai masker jika melakukan aktivitas saat ke luar rumah.

“Kita juga mengingatkan kepada warga yang beragama muslim untuk dapat menjalani ibadah puasa dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk saat esok hari merayakan hari Lebaran Idul Fitri, menerapkan social distancing, physical distancing dalam menjalankan ibadah dan merayakan lebaran nanti. Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri kami harapkan kepada masyarakat untuk dapat menjalani ibadah shalat Ied di rumah, menghindari keramaian demi mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin meluas. Kami juga menghimbau masyarakat yang ada di perantauan, terutama di daerah Zona merah untuk dapat menahan diri menunda pulang ke kampung halaman di Dairi demi Kesehatan Bersama,“ jelas Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyerahkan secara simbolis BLT Dana Desa kepada masyarakat didampingi oleh Kepala Desa Lingga Raja II, Camat Pegagan Hilir, Babinsa Pegagan hilir, Bhabinkamtibmas Pegagan hilir. Penyaluran bantuan langsung tunai yang menggunakan dana desa tersebut secara serentak dilaksanakan oleh seluruh Pemerintah baik Pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Desa.

Kepala Desa Lingga Raja II Rudolf Sitanggang dalam sambutannya mengatakan Desa Lingga Raja II memiliki penduduk sebanyak 622 Kepala Keluarga (KK). Warga Desa Lingga Raja II yang menerima bantuan sosisl Tunai Dari Kementerian Sosial (BST) sebanyak 235 Kepala Keluarga, yang menerima bantuan berupa Program Keluarga harapan sebanyak 87 Kepala Keluarga serta penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) berjumlah 54 Kepala Keluarga.

“Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang menggunakan anggaran Desa ini akan diserahkan secara langsung berdasarkan data kepada 133 kepala keluarga, dana bantuan berupa sembako dari bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 603 kepala keluarga yang akan menerima bantuan dari pemerintah, dan warga yang belum menerima maupun yang belum terdata sebanyak 9 kepala keluarga,“ ujar Rudolf Sitanggang.

(BD.007)

Pos terkait