Bunda Paud Dairi Hadiri Pelepasan Paud Duma di Desa Tualang

DAIRI | Bongkarnews.com – Bunda Paud Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata mengatakan hal tersebut saat melakukan pelepasan kepada 15 anak-anak Paud Duma yang ada di Desa Tualang pada Jumat (5/6). Pelepasan anak-anak Paud tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Tualang yang turut dihadiri oleh Plt. Kepala Desa Tualang serta para orang tua dari anak-anak Paud yang akan dilepas nantinya oleh Bunda Paud.

Bunda Paud Kabupaten Dairi Romy Mariani dalam kesempatan tersebut mengatakan anak-anak yang ada di Paud Duma ini merupakan generasi penerus, tumpuan harapan, cita-cita bukan saja bagi para orangtua, namun juga harapan bagi negara Indonesia yang kita cintai ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakan para orang tua harus yakin bahwa anak-anak sudah harus memiliki tujuannya ke depan sehingga para orangtua harus membimbing para anak-anak tersebut karena hakekat dari belajar dan mendidik itu memang harus ada di tangan orangtua.

“Disinilah peran dari Paud sangat diperlukan, karena di Paud anak-anak akan bermain sambil belajar. Mempersiapkan mereka untuk masuk ke pendidikan formal,” ujar Romy.

Dalam Paud, setiap anak akan diberitahu dan diajarkan bagaimana cara saling mengasihi sesama teman dan juga saling mengasihi kepada setiap tutor Paud. Hal itu dikatakan karena pendidikan moral itu sangat penting untuk diajarkan sejak dini sebagai bekal mereka jika nanti sudah berhasil dari dunia pendidikan.

“Jangan mengajarkan kepada anak bahwa hidup itu adalah persaingan, namun ajarkanlah kepada anak bahwa hidup itu adalah perjuangan sehingga anak-anak akan bisa saling mengasihi,” jelasnya.

Setelah selesai menempuh pendidikan di Paud, maka anak-anak nantinya akan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih formal.Di jenjang pendidikan yang formal ini, anak-anak akan mengikuti pelajaran yang diharuskan sudah bisa menulis serta membaca. Kepada para orangtua untuk tidak memaksakan kehendak kepada setiap anak karena hal itu akan sangat mempengaruhi fisik ataupun mental daripada anak.

“Biarkan anak berkembang dengan kemampuannya sendiri, tentunya tetap dengan pengawasan dari masing-masing orangtuanya. Jika anak mendapatkan nilai pembelajaran yang tidak baik, jangan langsung dibentak, namun diberi suport agar anak kita dapat belajar lebih giat lagi sehingga dapat memperoleh nilai yang baik,” kata Bunda Paud.

Sementara itu kepada para Tutor Paud Duma, Bunda Paud Kabupaten Dairi Romy Mariani berpesan agar tetap semangat dalam mengajarkan dan memberikan pendidikan kepada anak-anak Paud. Beliau berharap semoga anak-anak Paud Duma ini nantinya dapat menjadi anak yang sukses, bisa mandiri, bertanggung jawab serta dapat mengasihi sesama dan mengasihi orangtua terlebih mengasihi diri mereka sendiri.

“Selamat untuk para orangtua yang sudah bisa mengantarkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi (Sekolah Dasar). Doa kita semua anak-anak kita ini bisa menjadi anak yang berhasil dan sukses di kemudian hari,” pungkas Bunda Paud dalam arahannya.

(bd.007)

Pos terkait