Sitename

Description your site...

Rp 2 Milyar Lebih Sisa Dana Hibah Pada KIP Bireuen Sudah Satu Minggu Dikembalikan Ke Kas Negara

4397 KALI DIBACA
Rp 2 Milyar Lebih Sisa Dana Hibah Pada KIP Bireuen Sudah Satu Minggu Dikembalikan Ke Kas Negara
Sosok Ketua KIP Bireuen Muchtaruddin,SH.MH Sedang Menyampaikan Pandangannya Dalam Sebuah Forum Ilmiah Beberapa Waktu Lalu.

BIREUEN | BN – Berkaitan dengan uraian berita online bongkarnews.com tentang hak dan kewajiban lembaga Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen khususnya mengenai sisa dana Hibah Pemkab Rp 36 Milyar yang pernah dipersembahkan untuk Lembaga Pelaksana Pemilu (KIP) setempat pertengahan tahun 2016 lalu.

Ketua KIP Bireuen  menilai perlunya penjelasan lebih dan detail kepada publik agar dana sisa dari yang diamanatkan kepada KIP tidak dipolitisir oleh pihak-pihak berseberangan dengan apa yang harus dipertanggungjawabkan lembaga yang dinakhodainya.

Intisari berita bongkarnews.com yang diuploud wartawan Liputan Bireuen Rabu siang 13 September 2017  mulai waktu siang pukul 14.00 Wib,  bertajuk “Tak Mustahil Jika KIP Bireuen Mengaku Dana Hibah Pemilukada 2017 Ludes Tak Tersisa,” perlu diperjelas kembali supaya tidak disalah tafsirkan terutama terkait perbedaan status Hibah antara yang dihibah kepada  Lembaga Pelaksana Pemilu KIP berbanding yang peruntukannya  untuk sebuah SKPK/Instansi  Pemerintahan.

Menurut pemaparan Ketua KIP Bireuen Muchtaruddin,SH.MH Komisi Independen Pemilihan (KIP) bukanlah lembaga seibarat sebuah SKPK dalam jajaran ditingakat pemerintahan daerah yang mesti melakukan pertanggunggungjawaban dana yang telah dipercayakan dalam ikatan perjanjian MOU berupa Nota pemberian Hibah Daerah (NPHD).

“Setelah Daerah Melimpahkan Dana Hibah tersebut , sumber wujudnya berubah dari  dari Kas APBK sama dengan dari APBN maka tahapan pertanggungjawan penggunaannya termasuk jika ada dana sisa juga harus diselesaikan dan dikembalikan kedalam kas sesuai kemana mesti dipersembahkan sesuai aturan aturan yang tertuang dalam surat perjanjian NPHD. yakni dikembalikan kepada Kas Daerah.  ,”Kelebihan dana sebesar  Rp 2 milyar lebih dari Rp 36 milyar  total dana yang dihibahkan itu, sudah dikembalikan kedalam Kas Daerah satu minggu lalu,”. ungkap Muchtaruddin.  .

Terkait dengan pengembalian sisa dana dan tidak terpakai, KIP diwajibkan melakukan pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang diflot daerah itu kedalam kas sesuai yang diarahkan dalam bunyi perjanjian surat NPHD.. “Karena yang diarahkan pengembalian dana sisa itu ke Kas Daerah, ya sudah kami pasok kembali kedalam kas daerah sekitar satu minggu lalu,,” demikian papar Ketua KIP Bireuen. (Roesmady)

banner 468x60