Rombongan Warga Myanmar Kembali Terdampar di Pelabuhan Aceh Timur

ACEH TIMUR | bongkarnews.com – Boat warga Negara Myanmar kembali merapat di pelabuhan Idi Aceh Timur, warga Negara Myanmar bersuku Rohingnya, menggunakan Boat pancing berukuran dibahwah 10 GT yang berjumlah 20 orang di Pelabuhan Kuala Idi, Gampong Blang Geulumpang, Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, Hari Selasa 4 Desember 2018.

Kronologis kejadian tersebut terjadi Pada pukul 08.10 Wib, tiba rombongan warga negara Myanmar suku Rohinya di pelabuhan Kuala Idi, menggunakan Boat yang berukuran di bahwa 10 GT dengan jumlah 20 orang ketika mereka merapat di pelabuhan saat itu cuaca dalam keadaan hujan.

Pada saat boat merapat kami dari Pos AL Kuala Idi merasa curiga karena boat yang mereka tumpangi berbeda dengan boat nelayan yang ada di Kuala Idi, lalu kami langsung mengambil tindakan dengan menyetop boat tersebut dan meminta merapat di Pos kami katanya.

Setelah merapat kecurigaan kami ternyata benar bahwa mereka bukan nelayan Kuala Idi tapi warga negara Myanmar suku Rohingnya, kemudian kami meminta kepada mereka untuk turun dan kami memeriksa mereka satu persatu lagi.

Adapun nama-nama ke 20 orang warga negara Myanmar suku Rohingnya sebagai berikut :

1. Hafiz Muhammad Ismail, 20 thn

2. Muhammad Takim, 18 thn

3. Muhammad Amin, 14 thn

4. Nur Islam, 19thn

5. Suef Muhammad, 50 thn

6. Abdul Karem, 14 thn

7. Muhammad Hayat, 15 thn

8. Muhammad Salem, 27 thn

9. Muhammad Salem, 17 thn

10. Amir Ali, 28 thn

11. Salmulloh, 24 thn

12. Muhammad Nur Syumi, 18 thn

13. Abdul Maud, 16 thn

14. Harsyik, 16 thn

15. Abdul Rohim, 14 thn

16. Muhammad Idris, 18 thn

17. Rusyi Tamot,28 thn

18. Abdul Rizik, 19 thn

19. Syekara Khumar, 13 thn

20. Muhammad zubir, 14 thn

Analisa yang kami perkirakan bahwa Warga negara Myanmar suku Rohingnya tersebut meninggalkan negaranya karena pengakuan mereka di negaranya masih terjadi konflik.

Dan juga Mereka di perkirakan sengaja meninggalkan negaranya untuk menghindari konflik dengan meninggalkan keluarganya dan mereka mengatakan akan kembali ke negaranya setelah konflik selesai pula.

Prediksi Mereka lari dari negaranya dengan persiapan yang matang terbukti perlengkapan berupa, boat dan BBM yang di stok di dek sebanyak 5 (Lima) jerigen lagi.

Warga negara Myanmar suku Rohingnya tersebut sengaja ingin mencari suaka dengan tujuan negara Indonesia tersebut.

Saat ini warga negara Myanmar suku Rohinya yang terdampar berada di depan Pos AL Kuala Idi, Aceh Timur Saat ini masih diadakan koordinasi oleh pihak Pos AL, Syabandar dan Forkopimda Aceh Timur dengan pihak Imigrasi Langsa, tandasnya. (Zainal/ardi).

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas