Puting Beliung Obrak Abrik Tanaman Padi Petani Bungaraya - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

Puting Beliung Obrak Abrik Tanaman Padi Petani Bungaraya

Puting Beliung Obrak Abrik Tanaman Padi Petani Bungaraya




SIAK (BN)- Hujan dan angin kencang beberapa hari ini menghantam daerah Kecamatan Bungaraya khususnya di Kampung Kemuning Muda, sehingga bukan saja menumbangkan tanaman kayu, namun tanaman padi juga di obrak abriknya sampai ambruk ketanah.

“Kemarin kayaknya bukan angin kencang yang biasanya yang mengobrak abrik tanaman padi milik petani disini, tapi kayaknya sejenis angin puting beliung, karena anginnya kayak memutar begitu dan yang kena hanya di sekitar itu saja. Ya kalau sudah ambruk semua, apa boleh dibuat terpaksa harus dipanen walau padi masih sebagian muda,” ujar Rukat,  Warga Kampung Kemuning Muda yang tinggal tak jauh dari TKP kepada bongkarnews.com,Kamis (11/1/2018).

Rukat juga mengaku, bahwa selain tanaman padi juga ada gubuk petani yang terbang dibawa angin.

“Angin puting beliung ini bukan saja menghajar tanaman padi tapi juga menghajar tanaman lain dan juga gubuk petani,”jelasnya.

Hal senada disampaikan Yuni, salah satu petani Kemuning Muda. Ia mengaku angin puting beliung ini sangat luar biasa,kejadian angin puting beliung bukan terjadi pada tahun ini saja, tapi pada tahun sebelumnya juga merusak gedung kilang padi di Bungaraya RK 2.

“Luas tanaman padi yang terkena dampak angin puting beliung kali ini sekitar 1,5 hetar (satu setengah hetar). Yang pertama tanaman padi milik bapak Kohar seluas 1 hetar dan punya pak Sobari 1/2 hetar, semua tanaman padi yang ambruk terpaksa dipanen walau masih muda,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun II Kampung Kemuning Muda Islahudin mengatakan bahwa, angin puting beliung ini sangat meresahkan petani, karena bukan saja tanaman padi yang di obrak abriknya, namun gubuk petani tempat berteduhpun habis.

“Tanaman jagung dan pisangpun milik kami juga habis di terjang angin puting beliung, jadi untuk itu kita hanya bisa berdoa  semoga musibah ini tidak terulang kembali di Kampung ini. Dan kita berharap kepada dinas terkait bisa meninjau lokasi tanaman padi yang di obrak abrik tanaman padi dan memberikan solusi tanaman padi yang cocok dan tahan diterpa angin,”pungkasnya. (Sugianto)

example banner