PUPR Ranting Pantonlabu Buka Pintu Air Jaringan Langkahan

ACEH UTARA | Bongkarnews.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Utara melalui Ranting Pantonlabu membuka pintu air irigasi jaringan Langkahan, Rabu (10/10). Air irigasi ini akan mengaliri ribuan Hektar sawah di Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur.

Pembukaan pintu air irigasi tersebut dilakukan karena saat ini sudah memasuki jadwal masa penanaman padi. Sesuai hasil musyawarah di tingkat ranting, persemaian benih padi secara resmi akan berlangsung pada tanggal 10 November 2018 mendatang.

“Hari ini resmi kita buka. Irigasi ini meliputi jaringan di dua kabupaten, yaitu Aceh Utara dan Aceh Timur. Kita harapkan kepada petani khususnya wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye dan Langkahan agar menjaga jadwal turun,” kata Petugas Pengairan di Ranting Pantonlabu, Razali kepada Bongkarnews.com.

Hal itu disampaikan mengingat jadwal pembukaan dan penutupan pintu air irigasi nantinya tidak dapat diundurkan kembali atau penambahan waktu.

“Selain itu, kita harapkan juga kepada masyarakat yang tinggal di sapanjang saluran irigasi, jangan membuang sampah sembarangan dan ke dalam saluran, karena selama ini banyak sekali sampah dan kotoran yang tersangkut di setiap pintu air,” ujar Razali.

Razali mengatakan, jadwal penutupan pintu air irigasi Langkahan direncanakan jatuh pada tanggal 10 Februari 2019 mendatang sebelum memasuki musim panen yang diprediksi jatuh pada tanggal 25 di bulan yang sama.

“Sementara untuk tahun 2019, jadwal pembukaan air kita rencanakan pada tanggal 10 April dan penutupannya pada tanggal 10 Agustus mendatang. Ini adalah jadwal yang telah kita tetapkan,” ucap Razali. [S/J]

EPAPER BONGKARNEWS

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas