PTPN IV Raih Green Award 2017

Jakarta,BN-PT Perkebunan Nusantara IV sebagai salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan yang bergerak di bidang agro industri, dalam kiprahnya senantiasa menjaga bumi dan lingkungan sekitar, meraih penghargaan terbaik dalam event Indonesia Green Awards (IGA) 2017 untuk dua kategori yakni, “Mengembangkan Keanekaragaman Hayati” dan “Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan” dari Dirjen Lingkungan Hidup & Kehutanan RI serta Dirjen ESDM RI di hotel Indonesia Kempinski, ruang heritage I lt.16 Jl. H.M. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Kabag Perencanaan Strategis PTPN IV Aida Farida Hasibuan dan Manajer Kebun Pasir Mandoge PTPN IV Erry Sukartono Surasno di Jakarta.

Bacaan Lainnya

IGA 2017 merupakan penghargaan lingkungan tahunan yang telah memasuki penyelenggaraan ke-8. Pada tahun ke-8 ini, IGA mensyaratkan setiap inisiatif merupakan “Cerita Perubahan”. Setiap perusahaan diharuskan untuk menceritakan sebelum dan sesudah inisiatif atau inovasi itu dilakukan dan dampak positif yang dirasakan.

Penghargaan mengembangkan keanekaragaman hayati merupakan inisiatif mempertahankan dan merestorasi keanekaragaman hayati, baik ekosistemaut, rawa maupun darat, agar mata rantai kehidupan alam belangsung normal, sedangkan menghemat energi dan penggunaan energi baru dan terbarukan merupakan penghematan yang signifikan dan atau dilakukan sebagai upaya mengganti energi fosil.

Dalam hal ini, PTPN IV melalui pelestarian kawasan rawa dan mata air adalah keberlanjutan ekosistem dan keberagaman hayati (flora dan fauna), serta memberikan kenyamanan bagi seluruh pemangku kepentingan, seperti masyarakat sekitar yang memperoleh jaminan ketersediaan sumber air, peningkatan ekonomi masyarakat dan dampak tidak langsung lainnya berupa lingkungan yang asri dan sehat.

Berdasarkan pengalaman pelestarian keanekaragaman hayati yang telah dilakukan di Kebun Gunung Bayu, maka untuk masa yang akan datang, program ini akan menjadi cikal bakal dalam upaya mengoptimalisasikan aset sumber daya alam di PTPN IV, karena dapat didayagunakan sebagai objek wisata yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan image perusahaan.

Selain itu, program pembangkit listrik tenaga Palm Oil Mill Effluent (POME) Biogas di Kebun Pasir Mandoge bertujuan untuk memasok kebutuhan listrik dengan memanfaatkan limbah cair kelapa sawit atau POME, sehingga proses dari program pembangkit listrik tenaga POME dapat mengurangi dampak lingkungan bagi PKS sekaligus menghasilkan energi baru yang terbarukan.

Kami berterimakasih kepada The La Tofi School of CSR atas penghargaan ini. Inovasi hijau kami tentunya tidak hanya memberikan dampak baik bagi lingkungan, namun juga memberikan dampak baik bagi sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia. Sebagai perusahaan besar, kami memiliki tanggung jawab besar untuk terus memberikan produk berkualitas terbaik dan melahirkan inovasi-inovasi hijau dimasa yang akan datang, sebut Kasubag Komunikasi dan Hubungan Eksternal Syahrul Aman

Pos terkait