PT Pertamina EP Rantau Berikan Santunan Tali Asih Kepada Warga Guna Kosongkan Lahan

ACEH TAMIANG | Bongkarnews.com – PT Pertamina EP Rantau berikan santunan Tali Asih kepada sejumlah warga yang menghuni lahan di sekitaran lokasi sumur minyak KSB-A 10 Desa Sriwijaya Kecamatan Kota Kualasimpang, Kamis (17/1).

Pemberian satunan Tali Asih ini langsung di berikan oleh Fandi Prabudi Humas PT. Pertamina EP Rantau kepada sejumlah warga yang menghuni lahan milik Pertamina dengan disaksikan Edi Syahputra Datok Penghulu Desa Sriwijaya. Pemberian satunan Tali Asih kepada warga oleh PT. Pertamina EP Rantau sebagai bantuan upah membongkar bangunan mereka untuk pindah dari lahan milik Pertamina yang selama ini telah ditempati oleh warga. “Pemberian satunan ini hanya kebijakan kemanusian saja dari manajemen Pertamina, karena yang kita hadapi warga” kata Fandi Prabudi.

Humas PT. Pertamina EP Rantau ini mengakui penetapan nilai nominal Rp 1.500.000,- per bangunan yang diberikan kepada warga pemilik bangunan, bukan sebagai uang ganti rugi bangunan, tapi sebagai upah warga untuk segera mengosongkan lahan milik Pertamina yang selama ditempati warga.

Pengosongan 19 bangunan rumah, 3 gubuk dan ladang warga di dalam lahan KSB-A 10 dilakukan oleh PT. Pertamina EP Rantau dikarenakan adanya pekerjaan ekplorasi minyak bumi di sumur minyak KSB-A 10 dalam upaya peningkatan produksi kebutuhan akan minyak bumi. “Dengan pemberian satunan Tali Asih kepada warga, mudah-mudahan produksi minyak bumi di KSB-A 10 meningkat” harapannya.

Pemberdayaan sumur-sumur minyak yang di ekplorasi diprediksi masih memiliki kandungan minyak bumi sehingga hasilnya dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh manajemen Pertamina. “Lebih kurang 124 sumur di Aceh Tamiang sudah diaktifkan untuk peningkatan produksi minyak” kata Humas PT. Pertamina EP Rantau disela-sela pemberian santunan Tali Asih.

Dirinya berharap kepada warga yang telah menerima satunan untuk segera membongkar bangunan milik warga diatas lahan Pertamina. “Awal Februari ini sudah clear (areal bersih dari bangunan warga) sehingga pekerjaan ekplorasi sumur minyak dapat dilaksanakan segera” tegasnya.

Dalam pemberian bantuan kepada warga dilokasi KSB-A 10, Tim Humas PT. Pertamina EP Rantau turut didampingi petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Menurutnya, kegiatan ekplorasi sumur minyak yang telah ada atau baru sebagai upaya PT. Pertamina EP dalam memenuhi kebutuhan minyak bumi untuk kepentingan masyarakat. Sesuai amanat yang telah diberikan Negara kepada Pertamina dalam mengelola perminyakan di Indonesia.(AY)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas