PT EDI Bina Petani Desa Muara Dilam Merawat Kebun Kelapa Sawit

KUNTO DARUSSALAM | Bongkarnews.com – PT Eka Dura Indonesia (EDI) melakukan kegiatan sosialisasi Pelatihan Perawatan Perkebunan Kelapa Sawit kepada masyarakat Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Selasa (27/8/2018), dalam momentum Hari Ulang Tahun ke-30 Program Pembinaan 300 Desa.

Kepala Community Development Officer/CDO (Petugas Pengembangan Masyarakat) PT EDI, Hayatun Ridwan, menyampaikan sosialisasi dan pelatihan perawatan perkebunan kelapa sawit yang digelar merupakan bentuk kepedulian PT EDI terhadap petani kelapa sawit di Desa Muara Dilam.

Ia menilai, Pelatihan kepada petani berguna untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit petani. Menurutnya, sebagai pihak swasta, PT EDI yang merupakan anak perusahaan Astra Agro Lestari Tbk (AAL) harus memperlihatkan dan membuktikan kepedulian kepada para petani di Desa.

“Saya kira ini hal yang sangat penting karena kita berdomisili di Kecamatan Kunto Darussalam disekitaran Desa Muara Dilam. Ini bukti, bahwa PT EDI anak perusahaan AAL harus memberikan bimbingan pada warga sekitarnya”, ucap Hayatun Ridwan, di halaman Kantor Kepala Desa Muara Dilam.

Hayatun memastikan, Perkebunan kelapa sawit petani di Muara Dilam nantinya dapat meningkatkan perekonomian petani dan berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bila petani memiliki kesiapan dan kemauan yang tinggi untuk mengelola kebunnya.

Dari sosialisasi itu, Ia berharap masyarakat Desa Muara Dilam memahami lebih rinci tentang informasi yang harus dilakukan petani sawit. Sehingga kedepan, petani lebih maju dalam menguasai teknis pengolahan perkebunan kelapa sawit dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Disamping itu, Kepala Desa Muara Dilam, Zulfikar S.HI, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan oleh PT EDI anak perusahaan AAL atas kepedulian terhadap petani kelapa sawit di Desa Muara Dilam. Ia berharap, ikatan tali silaturahmi tetap terjaga terhadap warga Desa.

Zulfikar menyebutkan, kegiatan sosialisasi pelatihan perawatan perkebunan kelapa sawit yang difasiltasi oleh PT EDI dengan narasumber atau pembicara CDO, ADM dan Kepala Kebun PT EDI itu mencakup tentang cara perawatan kelapa sawit, menentukan buah yang matang dan beberapa cara lainnya untuk menambah produktivitas kelapa sawit.

Pelatihan tersebut, Ia berharap dapat meningkatkan kualitas dan produksi petani dan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Karena selain menambah ilmu pengetahuan para petani, juga berpengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah, acara sosialisasi Pelatihan Perawatan Perkebunan Kelapa Sawit yang ditaja PT EDI dalam momentum HUT perusahaan ke-30 tahun itu sukses. Kita berterima kasih kepada PT EDI atas partisipasi dan kepedulian terhadap Desa kita. Semoga ikatan silaturahmi seperti itu tidak putus sampai disini saja”, harapnya.

Sedangkan, Seorang petani kelapa sawit mengaku merasa senang dengan adanya pelatihan positif yang dilakukan PT EDI. Ia mengharapkan, Instruksi dan pembinaan dari perusahan tersebut berkelanjutan dan konsisten mendukung para petani kelapa sawit sekitar perusahaan untuk menambah kualitas dan produktivitas buah kelapa sawit.

Turut dihadiri, Kepala ADM PT EDI Wahyu Medici Ritonga, Kepala Kebun PT EDI Agus Medi, Camat Kunto Darussalam Ruslan, Ketua BPD Desa Muara Dilam Amros, Datuk Bendaharo Jasri, Perwakilan dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu, Tokoh Masyarakat dan ratusan masyarakat Desa Muara Dilam.*lbr

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas