Sitename

Description your site...

Petani Bungaraya Resah, Hama Lembing Batu Mulai Menyerang Tanaman Padi

56198 KALI DIBACA
Petani Bungaraya Resah, Hama Lembing Batu Mulai Menyerang Tanaman Padi

SIAK (BN)- Petani Kecamatan Bungaraya kususnya Petani Kampung Kemuning Muda mulai resah, pasalnya tanaman padi miliknya sudah mulai diserang oleh hama wereng, padahal umur padi baru beberapa minggu namun hama wereng sudah banyak menyerang dan menghingap ditanaman padi.

“Tanaman padi milik saya baru umur 3 minggu lebih namun hama wereng sudah menyerang, maka dari itu agar hama ini tidak semakin banyak menyerang tanaman padi milik saya, maka saya cegah dengan melakukan penyemprotan, namun sepertinya kelihatan kebal hama ini karena setelah disemprot masih juga banyak wereng yang menghingap ditanaman ini,”ungkap Abdulloh, petani padi Kampung Kemuning Muda kepada Haluan Riau, kemarin sambil memperlihatkan tanaman padinya.

Abdulloh juga mengaku bahwa selama beberapa minggu ini belum ada himbauan ataupun arahan dari dinas terkait untuk menanggani hama ini.

“Sampai saat ini belum ada arahan atau solusi dari dinas terkait untuk menangani hama ini, untuk itu kami berharap kepada pemda atau dinas terkait untuk memberikan bantuan obat-obatan pencegah hama agar tanaman padi milik kami bisa aman,”harapnya.

Selain itu, Abdulloh juga mengharapkan agar pupuk poska di Kecamatan Bungaraya segera dikirim agar petani bisa dengan segera membeli untuk pemupukan padi.

“Untuk saat ini selain hama wereng juga pupuk poska, karena selain pupuk uria, SP36,MCK juga Poska sangat kami butuhkan, dan sekarang sedang langka,”ungkapnya.

Ditempat yang berbeda, ketua Gapoktan Bungaraya Sukarno juga mengaku bahwa hama wereng sudah mulai menyerang tanama petani.

“Kalau di Kampung Bungaraya sendiri tidak separah di Kampung Kemuning Muda, kalau disini masih bisa ditanggulangi dan dicegah. Semoga hama ini tidak merembet ke tanaman padi milik petani Bungaraya,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Dan Holtikultural Budiman Safari ketika fi hubungi bongkarnews.com melalui telpon selulernya, Rabu (15/11) mengatakan bahwa selama ini belum ada laporan dari petani, namun dirinya menghimbau kepada petani agar dengan segera melakukan pengendalian dengan cara melakukan pencemprotan massal.

“Untuk tanaman petani yang sudah terserang hama wereng agar dengan segera dilakukan penyemprotan pengendalian secara massa, dan dengan segera melaporkan kepetugas lapangan untuk dilakukan penelitian dan penanganan secara cepat,”pungkasnya (Sugianto)