Pendawa Medan Kecam Aksi Pembubaran Jaran Kepang Hingga Penganiayaan Oleh Sekelompok Ormas

  • Whatsapp

MEDAN | bongkarnews.com – Aksi pembubaran pagelaran seni Jaran kepang oleh sekelompok anggota Laskar Khusus Forum Umat Islam (FUI) di Medan yang tengah viral di medsos saat ini mendapat kecaman dari banyak pihak.

Salah satu pihak yang sangat mengecam tindakan tersebut adalah Pendawa (Persatuan Pemuda Jawa) kota Medan. Pendawa yang selama ini dikenal sebagai paguyuban yang sangat mencintai kebudayaan tradisional suku Jawa mengecam keras tindakan tersebut.

Bacaan Lainnya

example banner

Hal itu disampaikan Dony Ardiansyah selaku pengurus Pendawa kota Medan kepada awak media pada Senin (07/04/2021).

Seperti dalam vidio yang beredar, terlihat sekelompok orang tengah membubarkan pertunjukan Jaran Kepang. Dalam pembubaran itu, anggota ormas juga terlibat baku hantam dengan warga.

Kepada wartawan Doni menyampaikan “Kami dari Pendawa kota Medan menyatakan sikap ini adalah suatu tindakan yang sangat biadab, terkhusus bagi warga Jawa (Pendawa). Kuda kepang adalah kesenian atau tradisi budaya dari nenek moyang kita terdahulu. Wajib kita lestarikan, kami dari Pengurus pendawa kota Medan
Berharap secepatnya kepada pihak berwajib untuk segera bertindak tegas terhadap oknum yang mengatasnamakan ormas agama yang kita duga telah melakukan kriminalisasi terhadap pemain kuda kepang tersebut.
Maka dari pada itu kami dari Pengurus pendawa kota Medan sangat berharap kepada pihak berwajib. Apabila tidak ada tindakan tegas dari pihak berwajib kami atas nama PENDAWA Kota Medan akan menggelar aksi solidaritas terhadap warga Jawa terkuhsus pemain kuda kepang” demikian disampaikan Dony Ardiansyah.

(Liputan Indra)

Pos terkait