Pemko Siantar Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2021

SIANTAR | bongkarnews.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bappedda) Kota Pematangsiantar, Kamis (6/2).

Dalam kegiatan dengan thema: Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Optimalisasi Pelayanan Dasar dan Pengembangan Ekonomi Daerah untuk Mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju, dan Jaya, hadir beberapa pemapar, yaitu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Pematangsiantar Edy Rahmanto Hidayat, dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kota Pematangsiantar Jhon Piker Simamora, serta dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar.

Bacaan Lainnya

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya yang dibacakan Plt Asisten 1 Drs Sa’Amsah mengatakan, dokumen RKPD Kota Pematangsiantar tahun 2021 memiliki kedudukan strategis dalam konteks pembangunan Kota Pematangsiantar lima tahun.

Penyusunan RKPD, katanya, dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority, priority follow outcome. Sehingga kebijakan perencanaan dan penganggaran disusun berbasis program prioritas yang selaras dengan prioritas provinsi dan nasional serta memiliki dampak hasil yang nyata bagi masyarakat.

Pembangunan, lanjutnya, pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik.

“Berdasarkan arah kebijakan pembangunan Kota Pematangsiantar tahun 2021 yang termuat dalam RPJMD Kota Pematangsiantar tahun 2017- 2022, maka fokus pembangunan diarahkan untuk melanjutkan upaya-upaya yang telah dilaksanakan dalam periode pembangunan sebelumnya dengan tetap menekankan pada perbaikan dan penyempurnaan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan mempedomani hal tersebut, maka prioritas pembangunan Kota Pematangsiantar tahun 2021 adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pendapatan masyarakat, serta meningkatkan infrastruktur publik wilayah.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami memberikan aspresiasi kepada narasumber yang telah hadir. Dengan presentasi yang akan disampaikan diharapkan dapat menambah informasi dan ilmu pengetahuan serta meningkatkan kualitas perencanaan Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara, para pimpinan instansi vertikal dan perbankan se-Kota Pematangsiantar, para staf ahli Walikota Pematangsiantar, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto SH, para asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, dan pimpinan BUMD/BUMN , perusahaan swasta se- Kota Pematangsiantar. (EP)

Pos terkait