Pemkab Rohil Antisipasi Covid-19

ROHIL | bongkarnews.com – Kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dibawah kepemimpinan Bupati H Suyatno AMp, dalam mengantisipasi ancaman wabah virus corona (Covid-19) terus digencarkan.

Langkah yang sudah diambil untuk menangani persoalan Covid-19 ini yang pertama semua puskesmas sudah ada posko posko sekaligus dengan petugas petugasnya, artinya bagi masyarakat di masing-masing kecamatan bilamana terdapat gejala flu, pilek, batuk dan lain sebagainya untuk segera mungkin dibawa ke puskesmas yang ada di tempat mereka masing masing, dan ini tentunya harus ada kerjasama antara Camat dengan Datuk Penghulu dengan tokoh masyarakat,”ujar Bupati Suyatno AMp di Mess Pemda Senin (23/03/2020).

Bacaan Lainnya

Langkah kedua pemerintah daerah semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak itu ditiadakan, kalaupun ada itu tidak boleh melebihi daripada tiga puluh orang,” kata Bupati.

Berikutnya setiap mobil yang masuk khususnya ke dalam kota Bagansiapiapi kita lakukan penyetopan dan dicek satu persatu penumpang yang akan masuk ke kota Bagansiapiapi. Artinya kita tetap mewaspadai kita tetap mengontrol masyarakat yang masuk ke dalam daerah kota Bagasiapiapi termasuk daerah lainnya se-kabupaten Rokan Hilir, dengan dibantu oleh petugas petugas baik itu dari kesehatan dari Satpol PP, TNI Polri dan juga Dinas Perhubungan tadi sudah berlangsung,”sebutnya.

Hari ini Tim gabungan sudah melakukan semacam infeksi ketempat apotik bahkan ditempat gudang dan semua tempat hiburan dalam kota Bagansiapiapi sementara ini semua ditutup. Artinya boleh masyarakat berjualan, contohnya jualan bakso disarankan kepada masyarakat untuk membeli saja tidak boleh duduk berlama-lama ditempat bakso tersebut, begitu juga dicafe-cafe tidak boleh duduk berlama-lama dicafe itu karena di situlah antraksi hubungan antara manusia,”kata Suyanto.

Untuk itu pemerintah daerah mengajak semua kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan instansi yang terkait untuk bersama untuk mengawasi daerah kita ini, terutama sekali lingkungan keluarga kita jangan anak-anak kita dibiarkan keluar malam, ini harus dibatasi betul-betul. Karena apa, karena virus Corona ini sesuatu berbahaya bagi kehidupan masyarakat,”ujarnya.

Tambah Bupati, untuk mengantisipasi
virus corona Pemerintah daerah sudah menyiapkan tempat isolasi terutama rumah sakit umum Dr.Protomo Bagansiapiapi sudah ada 11 tempat tidur yang akan di standby kan bilamana ada seseorang yang terjangkit wabah virus Corona. Sementara itu kita juga menyediakan tempat isolasi di Ex kantor Sinaboi, Ex kantor Puskesmas Rimbo Melintang, Kecamatan Balai Jaya, Bagan Sinembah dan Bangko.

(Chandra)

Pos terkait